Warung Konsuler Ekstra dan Mulainya Pelayanan Paspor 10 Tahun di KJRI Marseille

KJRI Marseille telah menyelenggarakan ¨Warung Konsuler, (Sabtu 03 Desember 2022) bertempat di Aula KJRI Marseille. Kegiatan Warung Konsuler yang biasanya dilakukan di luar kota Marseille, kali ini secara khusus dilaksanakan di kantor KJRI Marseille pada hari libur akhir pekan. Hal ini guna memfasilitasi percepatan Lapor Diri Online dan layanan konsuler lainnya bagi para WNI di Department Bouches-du-Rhone dan sekitarnya yang terkendala secara teknis ataupun karena berbenturan dengan hari kerja.

KJRI Marseille mencatat terdapat 35 WNI yang mengajukan Fasilitas Lapor Diri Online, baik untuk fasilitasi memperbarui/merevisi data maupun Lapor Diri Online baru di Portal Peduli WNI. Selain itu juga terdapat aplikasi paspor baru, termasuk untuk balita.

Dalam sambutannya, Konjen RI Marseille menggarisbawahi pentingnya Lapor Diri Online, mengingat tengah digencarkannya Percepatan Pemutakhiran Data WNI di Luar Negeri, untuk mendapatkan Data Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Pemilu 2024. Terkait hal tersebut, KJRI Marseille memfokuskan Layanan Konsuler kali ini untuk memfasilitasi Lapor Diri Online bagi para WNI, terutama bagi WNI yang mengalami kendala teknis.

Selain itu, Konjen RI Marseille juga mengumumkan KJRI Marseille telah menerbitkan paspor dengan masa berlaku 10 tahun untuk pertama kalinya sejak tanggal 3 Desember 2022.

Penerbitan paspor dengan masa berlaku 10 tahun dapat diberikan setelah dilakukannya instalasi perangkat lunak Sistem Informasi Keimigrasian (SIMKIM) Versi 2 oleh Tim Teknis Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Manajemen (Sistik), Ditjen Imigrasi di KJRI Marseille pada akhir November 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Fariani Ulfah, menjadi WNI pertama di wilayah kerja KJRI Marseille yang mendapatkan penggantian paspor yang berlaku 10 tahun. Kegiatan yang diselenggarakan pukul 09.00 – 16.00 ini juga dimanfaatkan untuk mempererat solidaritas dan keguyuban masyarakat Indonesia yang bermukim di wilayah kerja KJRI Marseille.

Para warga yang hadir menyambut baik kegiatan tersebut dimaksud dan memanfaatkannya juga sebagai ajang silaturahmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *