Antusias Puluhan Pelajar Ukraina Mengenal Lebih Dekat Indonesia

Empat puluh lima pelajar pilihan dari 28 Sekolah Menengah Atas asal Kremenchuk, Ukraina berkesempatan untuk mengenal Indonesia lebih jauh melalui program kunjungan ke KBRI Kyiv dan Wisam Duta RI Kyiv bernama “Indonesia: Jauh di Mata, Dekat di Hati.

Para pelajar yang didampingi oleh guru-guru dan para wakil dari Pemda Kremenchuk mendapatkan pengetahuan terutama hubungan persahabatan Indonesia-Ukraina.

Di Kantor KBRI, para pelajar berkenalan dengan para diplomat Indonesia dan memperoleh pengetahuan mengenai tugas para diplomat. Di ruang pelayanan konsuler, mereka mendapatkan informasi mengenai proses pengurusan visa. Di ruang Fungsi Pensosbud, dengan semangat mereka mencoba berbagai alat musik tradisional Indonesia dan berfoto dengan baju adat Indonesia.

“Terima kasih atas ketertarikannya dan keinginan untuk mengenal Indonesia lebih dekat. Indonesia dan Ukraina merupakan sahabat dekat. Terima kasih atas kerja kerja sama yang terjalin selama ini terutama sejak adanya Gong Perdamaian dari Indonesia, 10 tahun lalu,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi pada saat menyambut para pelajar di Wisma Duta.

Selama di Wisma Duta, selain menikmati kelezatan hidangan khas Indonesia, para siswa juga terhibur dengan aneka kuis yang menguji pengetahuan mereka mengenai Indonesia. Acara di Wisma Duta diakhiri dengan permainan angklung interaktif dan foto bersama.

Sebelum kembali ke Kremenchuk, para siswa menyempatkan diri untuk singgah Taman Indonesia yang dibangun oleh KBRI di areal Botanical Garden M. Gryshko. Di sini, para pelajar berkenalan dengan suasana pedesaan di Indonesia yang tercermin dari bangunan tradisional khas Jawa Barat seperti Sorondoy, Julang Ngapak, dan Bale Riung.

Yang paling mengesankan para pelajar adalah adanya replika stupa Borobudur yang hampir sama dengan ukuran aslinya di taman ini.

Para duta muda kemudia melanjutkan kunjungan mereka ke Miniature Park of Kyiv dimana mereka dapat melihat replika Mesjid Istiqlal, Gereja Kathedral, Pura Ulun Danu Bali, Candi Borobudur, serta tugu Monas sebagai simbol Bhinneka Tunggal Ika yang telah menjadi obyek wisata bagi masyarakat umum di Ukraina.

Sumber KBRI Kyiv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *