Bantuan Logistik Bagi Pelajar dan Pekerja Migran Indonesia di Ceko yang Terkena Dampak COVID-19

Di Ceko terdapat sekitar 300 WNI yang umumnya terdiri dari kalangan pelajar, PMI dan profesional.

KBRI Praha menyerahkan bantuan logisitk kepada pekerja migran Indonesia (PMI) di Ceko untuk mengantisipasi dampak pandemi COVID-19.

Bantuan logistik kepada hampir 200 orang WNI di Ceko khususnya kalangan pelajar dan pekerja migran Indonesia (PMI) tersebut merupakan wujud nyata kehadiran negara untuk melindungi warganya, termasuk WNI di luar negeri.

Bantuan tersebut “Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia, merupakan kewajiban KBRI Praha untuk memastikan kehadiran negara dengan memberikan bantuan yang diperlukan WNI di Ceko pada masa-masa yang sulit ini,” tutur Duta Besar RI Praha Kenssy D. Ekaningsih.

Bantuan logistik yang diberikan tersebut antara lain berupa bahan pangan, vitamin C dan masker. Bantuan diberikan sejak Ceko mulai memberlakukan lockdown pada 16 Maret lalu dan berlanjut hingga sekarang.

Kebijakan Pemerintah Ceko untuk melarang warga asing masuk ke Ceko dan menutup berbagai fasilitas publik menyebabkan banyak industri bidang jasa yang menghentikan operasionalnya, antara lain hotel, spa dan restoran. Sementara banyak PMI yang bekerja di sektor jasa, sehingga penghasilan para PMI tersebut terdampak secara signifikan.

Di Ceko terdapat sekitar 300 WNI yang umumnya terdiri dari kalangan pelajar, PMI dan profesional.

Sumber KBRI Praha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *