Warga Indonesia Laksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H di KBRI Moskow

Sebanyak 200 WNI larut dalam kebahagiaan merayakan kebersamaan dan silahturami dalam sholat Idul Fitri (Ied) 1 Syawal 1443 Hijriyah yang berlangsung pada Senin, 2 Mei 2022 di KBRI Moskow. Setelah sempat absen selama 2 (dua) tahun akibat pandemi Covid-19, kumandang takbir dan tahmid kembali bergema di area terbuka lapangan olahraga KBRI Moskow yang dipergunakan menjadi lokasi sholat Ied.

Penyelenggaraan sholat Ied diselenggarakan oleh Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII)-Moskow bekerja sama dengan KBRI Moskow. Ketua HPII-Moskow sekaligus Atase Pendidikan KBRI Moskow, Adi Nuryanto menjelaskan, sholat Ied ini adalah yang pertama setelah 2 tahun absen akibat tingginya Covid-19 di Moskow. “Alhamdulillah karena Covid19 semakin melandai, sholat Ied dapat dilaksanakan kembali, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kepada jamaah yang datang ke lokasi sholat,” ujar Adi Nuryanto.

Bertindak selaku imam dalam sholat adalah Kolonel Budi Susilo, Atase Pertahanan KBRI Moskow, sedangkan khatib adalah Adi Nuryanto, Atase Pendidikan KBRI Moskow/ Ketua HPII-Moskow. Dalam khotbah berjudul “Momentum Lebaran Sebagai Penggugah Pentingnya Menjaga Ukhuwah Islamiah serta Persatuan dan Kesatuan Bangsa” Kolonel Budi Susilo menjelaskan manfaat puasa Ramadhan dalam membentuk kepribadian kaum Muslim yang semakin taqwa dan Idul Fitri sebagai awal kesucian yang perlu dijaga para jamaah agar tidak mengulang lagi dosa-dosa di masa lalu. Disinggung juga pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah dengan cara meningkatkan kualitas diri dalam interaksi dengan sesama manusia, menjaga kerukunan, membantu mereka yang membutuhkan, dan juga agar kita senantiasa memuliakan orangtua. “Mari kita songsong hari esok dengan penuh optimis dan membuahkan kinerja optimal, baik sebagai Pimpinan, staf, mahasiswa maupun pekerja lainnya dan kesemuanya itu dalam kerangka ibadah kita kepada Allah SWT,” ujar Kolonel Budi Susilo menutup khotbahnya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares didampingi Ibu Fitria Wibowo Tavares turut hadir dan menyampaikan pesan hari raya Idul Fitri dalam shalat Ied. “Atas nama pribadi beserta keluarga dan seluruh jajaran KBRI Moskow, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah kepada seluruh masyarakat Indonesia di Rusia. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan berkah kesehatan dan kebahagiaannya kepada kita semua,” ujar Dubes Tavares di hadapan jemaah yang hadir.

Dubes Tavares juga menyampaikan bahwa sesuai arahan Bapak Presiden RI, bahwa peringatan dan perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini tidak dilaksanakan dengan melakukan open house. “Saya berharap seluruh masyarakat Indonesia di Rusia dapat memahami sekiranya peringatan hari raya Idul Fitri tahun ini masih belum dapat kita lakukan dengan kemeriahan seperti sebelum pandemi. Semoga lebaran tahun depan kita bisa rayakan dengan lebih meriah,” pungkas Dubes Tavares.

Acara shalat ied di KBRI Moskow dihadiri oleh masyarakat Indonesia yang berdomisili di kota Moskow dan sekitarnya, beserta staf dan keluarga KBRI Moskow. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang hadir adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi di Rusia. Tampak juga WNI yang berprofesi sebagai pekerja profesional dan spa terapis di kota Moskow.

Salah seorang mahasiswa Indonesia yang hadir, Akira Rizky Rosyadi, mahasiswa tingkat 3 pada Fakultas Sistem Informasi, Jurusan Kecerdasan Buatan, Russian Technological University (Mirea) menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan sholat Ied di KBRI Moskow. “Walaupun masih dalam kondisi yang terbatas, saya sangat senang karena sudah 2 tahun lamanya silaturahmi seperti ini tidak dapat dirasakan. Mudah-mudahan pandemi segara berakhir, sehingga silaturahmi seperti ini bisa kembali dilaksanakan seperti dahulu,” tutur Akira.

WNI lainnya, Rifky Indriarto,yang saat ini bekerja sebagai electrical engineer di Nordgold Plc, salah satu perusahaan pertambangan di Rusia, menyampaikan kebahagiaanya dapat melaksanakan shalat ied di KBRI Moskow. “Alhamdulillah, setelah 2 tahun pandemi, hari ini bisa shalat Ied di lingkungan KBRI berserta seluruh WNI di Moscow. Rasa haru dan bahagia rasanya bisa berkumpul di KBRI Moscow, dengan penuh kesederhanaan dapat menggantikan kehangatan atas kerinduan dengan keluarga besar di tanah air,” ujar Rifky yang hadir bersama istri dan ketiga orang putrinya. Rifky juga menyampaikan harapannya agar seluruh WNI di Russia selalu diberikan kesehatan dan dapat merayakan Idul Fitri tahun ini dengan bahagia di tengah situasi di Rusia saat ini. “Momen Idul Fitri kali ini dapat dijadikan momentum untuk kita semua bersatu dan membangun kembali persaudaraan dengan sesama’” tambah Rifky.

Sejalan dengan himbauan Bapak Presiden RI, Joko Widodo, penyelenggaraan sholat Ied tidak dilanjutkan dengan silaturahmi open house dengan Duta Besar RI Moskow dan jajaran KBRI Moskow. Untuk mengobati kerinduan akan santapan khas lebaran, seluruh WNI yang hadir memperoleh bingkisan kuliner Indonesia khas lebaran yang dipersiapkan Wisma Duta Besar RI Moskow, untuk dibawa pulang dan disantap di kediaman masing-masing.

Satu tanggapan untuk “Warga Indonesia Laksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H di KBRI Moskow

  • 4 Mei 2022 pada 23 h 06 min
    Permalink

    Minal Aidin Walfaizin.
    Selamat lebaran ya para Diaspora Indonesia di Perantauan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *