Senegal Kembali Membeli Pesawat Indonesia CN-235

Pemerintah Senegal kembali melakukan pembelian Pesawat CN-235 untuk keperluan ‘maritime patrol aircraft.’

Sebelumnya Maret 2020, Menteri Plan Senegal Emergence atau Bappenasnya Senegal Dr. Cheikh Kante bersama Duta Besar Indonesia untuk Senegal, Mansyur Pangeran dan para staf telah melakukan kunjungan kerja ke PT DI, di Bandung guna menyaksikan secara langsung proses pekerjaan tahap akhir pembuatan pesawat CN-235 yang dipesan, dan kunjungan ke PT. PINDAD guna menyaksikan berbagai produk peralatan persenjataan yang dibuat oleh PT.PINDAD.

Menteri Cheikh Kante menyatakannya senang dan kagum melihat perkembangan pesawat CN-235 pesanan Senegal tersebut yang penyelesaiannya telah mencapai lebih 80%. Diharapkan pesawat tersebut sudah dapat dikirim ke Senegal antara bulan Agustus – September 2020.

Menteri Cheikh Kante juga menyatakan guna meningkatkan dan memperkuat Angkatan Udara dan sistem pertahanannya, kemungkinan Senegal akan melakukan repeat order Pesawat CN-235 untuk seri maritime patrol aircraft segera setelah pesawat pesanan ketiga tersebut diserahkan.

Senegal juga akan mempertimbangkan untuk membeli beberapa peralatan persenjataan  produksi PT. PINDAD seperti Panser Anoa dan Komodo yang telah banyak digunakan di sejumlah Negara Afika dalam Misi-Misi  Penjaga Perdamaian di bawah kordinasi  United Nations Peacekeeping Operations seperti di Republic Democratic Congo, Republic Central Africa dan Sudan.

Menteri Cheikh Kante mengagumi kemampuan Indonesia dalam pembuatan  pesawat terbang dan pembuatan berbagai peralatan persenjataan berat dan  ringan dengan berteknologi tinggi. Diakuinya bahwa Indonesia saat ini sudah  tidak lagi sebagai Negara berkembang, tetapi sudah berubah menjadi sebuah Negara maju di Asia.

Peningkatan  pembangunan yang pesat  dan kemajuan  teknologi tinggi tersebut  telah membuat Indonesia sejajar dengan Negara-negara maju lainnya di dunia. Oleh karenanya tepatlah bila Senegal menjadikan Indonesia sebagai role model bagi peningkatan kerjasama kedua negara khususnya dalam bidang pembangunan infrastruktur, industri yang nantinya diharapkan dapat melahirkan transfer teknologi dari Indonesia ke Senegal.

Penandatanganan kesepakatan pembelian tersebut telah dilakukan di Dakar oleh Perwakilan PT DI dan perusahaan AD Trade dari Belgia mewakili Pemerintah Senegal sebagai penyandang dana kredit.

Sumber : KBRI Dakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *