Taliban dan Afghanistan Gencatan Senjata Selama Idul Fitri

Kelompok pemberontak Taliban melakukan gencatan senjata selama tiga hari saat perayaan Idulfitri. Keputusan ini sejenak meredakan konflik antara kelompok tersebut dengan pemerintah Afghanistan.

Jerman, Indonesia, Norwegia, Uzbekistan, dan Qatar menyambut baik pengumuman gencatan senjata oleh Pemerintah Afghanistan dan Taliban selama perayaan Idul Fitri. “Kami berharap Idulfitri membawa sukacita dan keberkahan bagi seluruh rakyat Afghanistan,” pernyataan bersama pada Minggu (24/5/2020). 

Gencatan senjata ini merupakan langkah positif ke depan yang memberikan secercah harapan. Rakyat Afghanistan berhak atas penghentian kekerasan dan perdamaian yang bermartabat serta stabilitas.

Kami mendorong para pihak untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut pada hari-hari dan minggu-minggu ke depan untuk segera memulai negosiasi intra-Afghanistan  untuk mencapai penyelesaian damai yang berkesinambungan guna mengakhiri konflik di Afghanistan.

Sejalan dengan seruan Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres mengenai gencatan senjata global di tengah pandemi COVID-19, kami menghimbau pengurangan kekerasan secara permanen dan komprehensif untuk memberikan rasa aman kepada rakyat Afghanistan. Dalam kaitan ini, kami juga mendorong pengambilan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kelompok dan individu yang rentan, termasuk para tahanan, dari pandemi. 

Kelima negara sepakat untuk bekerja sama mendukung proses perdamaian yang inklusif di Afghanistan dan siap membantu proses tersebut melalui cara apapun sesuai aspirasi para pihak. Kami menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan penghargaan atas upaya besar semua pihak terkait selama ini, temasuk Qatar dan Amerika Serikat, dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan.

Photo : Javed Tanveer/AFP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *