15 orang WNI Dipulangkan dengan Penerbangan Khusus Himalayan Airlines

KBRI Dhaka melalui koordinasi intensif dengan Pemerintah Nepal, telah berupaya untuk memulangkan para WNI menyusul kebijakan penguncian nasional dan penundaan rute penerbangan domestik dan internasional di Nepal.

“Upaya fasilitasi pemulangan ke Indonesia ini merupakan bentuk komitmen KBRI Dhaka dalam memberikan pelindungan pada seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Bangladesh dan Nepal,” lanjut Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh merangkap Nepal, Rina Soemarmo. 
Ian Wirawan, salah satu masyarakat Indonesia yang terlibat dalam program pemulangan mandiri ini, menyampaikan, “Alhamdulillah setelah sekitar tiga bulan terjebak di wilayah Nepal, akhirnya melalui program repatriasi mandiri ini saya dapat segera berkumpul dengan keluarga di rumah.”

Dalam memastikan pemenuhan kelengkapan dokumen yang diperlukan sebelum penerbangan dilakukan, KBRI melalui Konsul Kehormatan RI di Kathmandu secara aktif berkomunikasi dan menyampaikan berbagai informasi yang diperlukan oleh seluruh WNI.

Sebelumnya, KBRI juga telah memfasilitasi pemulangan 3 orang WNI dari Nepal dengan menggunakan pesawat-pesawat yang diupayakan oleh pihak-pihak asing dan dengan melalui rute yang panjang. Ke-3 WNI tersebut saat ini telah berkumpul dengan keluarga masing-masing di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan kepulangan 18 orang WNI dari Nepal, masih terdapat 4 orang WNI lagi di Nepal yang memilih untuk menunggu dibukanya jalur penerbangan internasional, sambil melanjutkan kerja atau kegiatan mereka yang belum selesai di negara pegunungan Himalaya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *