Promosikan Kopi Indonesia di Ukraina

Hingga kini, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia untuk diekspor ke luar negeri.

Diakui bahwa kopi Indonesia memiliki rasa yang khas dan memiliki kemungkinan besar untuk melakukan penetrasi pasar kopi di Ukraina dan dinikmati oleh masyarakat Ukraina, namun demikian perusahaan-perusahaan kopi asal Indonesia harus bergerak lebih aktif dalam mencari pasar di Ukraina, termasuk mencermati permintaan jenis kopi dan kualitas kopi yang diinginkan pasar Ukraina.

Untuk itu Perwakilan Indonesia di luar negeri senantiasa mempromosikan komoditas-komoditas unggulan dalam rangka peningkatan perdagangan ke luar negeri. Guna mempromosikan kopi Indonesia KBRI Kyiv menyelenggarakan “The Indonesian Coffee Cultural Promotion” secara daring dengan para produser kopi Indonesia (09/02/2021). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan ragam dan jenis kopi di Indionesia di Ukraina.

Undangan dan pihak Ukraina yang hadir di acara antara lain anggota Parlemen Ukraina (Verkhovna Rada) Vadim Halaichuk; Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Lviv, Andrii Ionov; Wakil Kantor Konhor Kharkiv; Mantan Wakil Menteri Kepemudaan dan Olahraga Ukraina, yang juga konsultan bisnis, Mykola  Movchan; serta para undangan yang berasal dari kalangan pelaku bisnis maupun penikmat kopi di Ukraina

Dalam sesi coffee tasting, para undangan mendapat kesempatan mencicipi ragam kopi Indonesia yang antara lain berasal dari daerah Flores, Gayo-Aceh, Jawa (Java Preanger), Sumatra Barat, Maluku, Bengkulu hingga Banten. Melalui video conference para produser selanjutnya mempromosikan ragam produk kopi Indonesia, antara lain menjelaskan mengenai kekhasan produk kopi Arabica dan Robusta yang dihasilkan masing-masing daerah dan sejarah industri kopinya.

Mykola Movchan, seorang konsultan bisnis yang hadir secara khusus menyampaikan tawaran untuk membantu dan menjembatani para pelaku bisni kopi usaha asal Indonesia. Ia dapat membantu komunikasi bisnis dengan trader ataupun importir kopi Ukraina, termasuk memberikan masukan dalam pembuatan proposal bisnis yang baik. Pihaknya juga dapat membantu dalam hal menyediakan informasi regulasi ekspor produk kopi ke Ukraina yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *