Indonesia Berkomitmen Mendukung Proses Perdamaian di Afghanistan

Indonesia menyatakan siap untuk memberikan asistensi dalam berbagai kemungkinan jika diperlukan termasuk memfasilitasi negosiasi damai intra-Afghan.

Dubes RI Arief Rachman

Dalam Virtual Conference yang diadakan oleh Menteri Luar Negeri Afghanistan, Haneef Atmar, pada hari Kamis, 9 July 2020 yang diikuti oleh kurang lebih, 18 Kepala Perwakilan Negara-Negara dan Organisasi International di Afghanistan antara lain AS, Jerman, Australia, Kanada, Norwegia, Belanda, Jepang, Korea Selatan dan Indonesia serta organisasi NATO dengan pembahasan Proses Perdamaian di Afghanistan.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Arief Rachman menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mendukung proses perdamaian di Afghanistan terutama proses rekonsiliasi yang dimiliki dan dipimpin oleh Afghanistan sendiri.

Indonesia menyatakan siap untuk memberikan asistensi dalam berbagai kemungkinan jika diperlukan termasuk memfasilitasi negosiasi damai intra-Afghan.

Ketua Rekonsiliasi Nasional Afghanistan, Dr. Abdullah Abdullah menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan semua negara kepada Afghanistan dan menyampaikan bahwa Afghanistan siap untuk bersikap flesibel dan berkompromi dengan Taliban sebagai upaya untuk mencapai perdamaian.

Secara khusus, Dr Abdullah menyebutkan ungkapan terima kasih kepada Indonesia atas dukungan dan tawaran untuk memfasilitasi negosiasi intra-Afghan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *