Indonesia Jajaki Kolaborasi Konkret dengan Universitas Top di Jepang

​Menindaklanjuti ditandatanganinya Memorandum Kerja Sama (MKS) Kesehatan Indonesia – Jepang dan momentum kunjungan Perdana Menteri Suga ke Indonesia pada 20-21 Oktober 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo jajaki berbagai potensi kolaborasi dengan sejumlah entitas terkait di Jepang.

Upaya ini di antaranya melalui penjajakan kolaborasi dengan pimpinan Universitas Kyushu dan Universitas Nagasaki Jepang pada 19 dan 20 November 2020.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo, Tri Purnajaya didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan; Pejabat Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya; serta Pejabat Protokol dan Konsuler, dalam kesempatan terpisah berkunjung dan berdialog dengan kedua kampus terkemuka di Jepang itu.

“Adalah tugas KBRI untuk mendorong penguatan kerja sama antara entitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia dan di Jepang, khususnya untuk memastikan tindak lanjut implementasi pertemuan pemimpin kedua negara” demikian disampaikan KUAI RI Tokyo dalam pertemuan tersebut.

Lebih lanjut KUAI RI Tokyo menyampaikan MKS Kesehatan RI-Jepang menjadi milestone untuk penguatan berbagai kerja sama kesehatan, di antaranya dalam bidang farmasi dan peralatan medis; pengembangan sumber daya manusia; layanan kesehatan; teknologi informasi kesehatan; layanan manula; pencegahan penyakit; dan kesehatan lingkungan.

Dalam kedua pertemuan tersebut, Atdikbud RI Tokyo menekankan komitmen untuk mengupayakan lebih banyak lagi kesempatan bagi Mahasiswa Indonesia belajar di Jepang (dan sebaliknya) melalui berbagai mekanisme beasiswa dan kerja sama double degree.

Selain itu juga disampaikan adanya inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi mahasiswa Indonesia, di mana mereka dapat memilih mata kuliah tambahan sesuai minat baik di dalam ataupun di luar negeri.

KBRI Tokyo juga berkesempatan berkunjung ke National Research Center for the Control and Prevention of Infectious Diseases, Universitas Nagasaki. Ke depan, akan diupayakan kesepakatan kerja sama dengan entitas terkait di tanah air, khususnya yang dapat memberikan manfaat konkret bagi percepatan penanganan pandemi di Indonesia.

Dalam waktu dekat, KBRI Tokyo akan melaksanakan serangkaian pertemuan virtual antara berbagai Universitas di Jepang dengan Universitas di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *