Kebersamaan Wni di Polandia makin meningkat dalam situasi pendemi

Laporan Zeynita Gibbons:

Duta Besar RI untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, menyoroti kebersamaan masyarakat Indonesia di Polandia dalam berbagai isu sosial dan kemanusiaan yang semakin meningkat dalam suasana pandemi yang mesih belum mereda di Polandia.

“Sikap saling mengingat, saling membantu dan saling meringankan betul-betul terlihat di tengah masyarakat Indonesia di Polandia,” ujarnya dalam pertemuan daring Minggu (27/12). Koordinator Fungsi Ekonomi, Taufiq Lamsuhur, ketua penyelenggara kepada Antara London, Senin mengatakan acara diadakan dalam
rangka meningkatkan soliditas atau kebersamaan masyarakat Indonesia di Polandia.

Kegiatan diikuti 180 peserta dari gadget masing-masing, berasal dari semua elemen masyarakat Indonesia di negara akreditasi, antara lain PPI, PMI dan diaspora Indonesia, baik dari orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun kegiatan bersifat virtual, acara dikemas sedemikian rupa sehingga durasi kegiatan berlangsung hampir tiga jam tidak para peserta setia hingga akhir acara.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan para masyarakat Indonesia tetap bertahan hingga penghujung acara antara lain program yang dikemas dengan baik dan pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat sejak tiga minggu terakhir dan psikologis warga negara Indonesia yang merindukan adanya acara yang penuh kebersamaan di akhir tahun. “Hampir 10 bulan terakhir mereka tidak dapat berkumpul secara massal akibat aturan protokol kesehatan dan social distancing yang diterapkan di Polandia,” ujarnya.

Acara diawali dengan sambutan Duta Besar RI untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, yang pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia di Polandia yang berkontribusi dan partisipasi medukung kegiatan promosi Indonesia sepanjang tahun 2020.

Perayaan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Polandia pada 2020 dan kegiatan Indonesia Week 2020 adalah kegiatan utama diadakan Perwakilan RI di Polandia. “Meskipun semua kegiatan terkait yang dilakukan kedua even tersebut dilakukan secara minimalis dan pemanfaatan media sosial, media cetak dan media elektronik secara optimal,” ujar Dubes. Karena itu, dalam hal jumlah pengunjung fisik dn virtual serta luas jangkauan kegiatan promosi Indonesia kepada public Polandia tetap mencapai target yang ditetapkan.

Untuk tahun 2021, disampaikan perlu kesiapan yang lebih matang dalam setiap rencana dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Turut memberikan sambutan dalam kegiatan virtual gathering wakil pemuka masyarakat Indonesia dan Ketua PPI Polandia yang dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai pelaksanaan tugas Satgas Covid-19 KBRI Warsawa.

Beberapa acara lomba dan permainan dikemas dalam acara perayaan akhir tahun 2020, antara lain: lomba peragaan busana, lomba Indonesia in Poland Idol 2020, lomba tebak lirik lagu, lomba menebak gerakan dan gambar.

Untuk lomba peragaan busana dan lomba nyanyi dilaksanakan secara offline atau sifatnya pengiriman video oleh para peserta dan pemenangnya diumumkan saat kegiatan pertemuan maya. Sementara itu, lomba tebak lirik lagu, tebak gambar dan tebak gerakan dilakukan secara live dalam even akhir tahun ini. Kegiatan ditutup dengan doa bersama.

Dalam catatan KBRI saat ini terdapat sekitar 800 warga negara Indonesia di Polandia, berada di berbagai sektor. Disamping pelajar dan mahasiswa, juga terdapat pekerja professional dan pekerja migran yang bekerja di sektor IT, welder, kuliner, industri otomotif, industri elecktronik dan well-being industry. (ZG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *