Sapu Kelapa Produk Ekspor yang Melejit

Indonesia mulai Mengekspor Sapu Kelapa. Sapu kelapa dibuat dari daun pohon kelapa dengan cara membersihkan batang sabut kelapa yang mentah dan diolah menjadi sapu.

Dinegara tujuan yakni India, Pakistan, Malaysia, Nepal dan Thailand, komoditas ini selain untuk peralatan kebersihan rumah tangga juga dimanfaatkan sebagai penyapu gandum.

Sama halnya dengan pohon kelapa, setiap bagian tanaman kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan. Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit merupakan bahan baku dalam pembuatan minyak nabati. Bagian batangnya bisa digunakan bahan baku bangunan. Akar sawit pun bisa dibuat kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Begitu pula dengan daunnya yang dapat diproses menjadi pupuk cair bahkan lidi kelapa sawit juga memiliki segudang manfaat bagi manusia. Lidi ini merupakan bagian dari tulang daun kelapa sawit.

Lidi dari kelapa sawit mempunyai tekstur yang agak keras, elastis pada bagian ujungnya, dan berwarna cokelat muda. Lidi tersebut dapat diolah menjadi kerajinan tangan melalui teknik penganyaman. Kerajinan dari lidi sawit ini memiliki kesan tradisional yang begitu kuat sehingga banyak diminati oleh pasar lokal maupun mancanegara.

Sapu ini diekspor dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga termasuk untuk dekorasi. Sumatera Utara merupakan penyumbang terbesar ekspor sapu, karena banyaknya perkebunan kelapa sawit dan kelapa di daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *