Kerjasama Indonesia Dan Jerman Pengelolaan Limbah Berguna Meningkatkan Kesuburan Tanah Pertanian Dan Hutan.

KJRI Frankfurt dan pemerintah kota Giengen menyepakati peningkatan kerjasama, khususnya di sektor lingkungan hidup dan energi terbarukan.

Potensi kerjasama ini dibahas oleh Konjen RI-Frankfurt Acep Somantri bersama Walikota Giengen Dieter Henle, pada Senin 8 Maret 2021. Selain pembahasan mengenai lingkungan hidup, keduanya juga mendiskusikan upaya peningkatan kerjasama yang melibatkan partisipasi luas pemerintah, kalangan pengusaha dan masyarakat.

Lebih lanjut, pengembangan kerjasama pengelolaan limbah alam dengan unsur kayu ini didiskusikan secara mendalam bersama Torsten Becker dan Michael Sernatinger, wakil dari Carbonauten GmbH, sebuah perusahaan startup yang berlokasi di kota Giengen, Jerman. Dengan energi yang efisien, limbah alam di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia seperti kayu, batok kelapa, bambu, dll dapat diproses dengan metode karbonisasi, sehingga menghasilkan bio oil, energi terbarukan dan produk biocarbon yang terbukti mampu mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah pertanian dan hutan.

Metode dan produk ini merupakan salah satu solusi untuk penanganan isu lingkungan hidup, karena terbukti mendukung keberlanjutan ekosistem, serta positif bagi pengembangan energi terbarukan.

Diskusi dan kerjasama ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan terhadap komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi CO2, pelestarian hutan dan penyelamatan lingkungan hidup. Giengen merupakan salah satu sentra industri di negara bagian Baden Württemberg, yang menjadi tuan rumah untuk perusahaan-perusahaan bertaraf internasional seperti perusahaan alat-alat elektronik Bosch, serta perusahaan otomatik dan digital Siemens.

KJRI Franfkurt terus mendorong kerjasama di berbagai sektor dengan pemerintah negara bagian dan kota, serta dengan berbagai perusahaan unggul dan terkemuka di wilayah kerja, untuk mendukung kolaborasi dengan mitra potensial di Indonesia.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumlah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.305 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *