WNI di Jerman Sangat Membutuhkan Warung Konsuler Sebagai Akses Pelayana Publik

Berbagai inovasi terus digagas untuk memberikan kemudahan akses pelayanan publik kepada warga negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal di luar negeri. Melalui program Warung Konsuler, KJRI Frankfurt memberikan beragam jenis pelayanan publik di luar kota Frankfurt di mana terdapat konsentrasi WNI. Pada tanggal 24 April 2021, Warung Konsuler telah diselenggarakan di kota Munich yang berjarak sekitar 400 km dari Frankfurt.

“Warung Konsuler sangat membantu, apalagi dalam situasi seperti ini masa pandemi. Karena kan kami jauh,” demikian ujar seorang WNI yang datang ke Warung Konsuler untuk membuat paspor.

Total sebanyak 38 layanan telah diberikan. Selain penerbitan paspor, surat keterangan dan dokumen kekonsuleran lainnya, tersedia pula layanan konsultasi peraturan keimigrasian, kewarganegaraan dan kependudukan.
“Selama ini saya cuma mendengar-dengar saja tentang aturan pemerintah, jadi mumpung dekat saya datang ke sini,” ujar seorang pemohon layanan konsultasi kekonsuleran. “Di sini saya bisa mendapatkan informasi yang jelas,” ucapnya.

Sebagai salah satu langkah pelindungan WNI selama pandemi Covid-19, telah dibagikan pula paket masker, vitamin dan hand sanitizer .
Dalam perjalanan, KJRI Frankfurt berkesempatan pula menyapa perwakilan pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Jerman cabang Munich, dan menyampaikan bantuan masker FFP-2.

Warung Konsuler telah menerapkan protokol kesehatan yang lengkap. Seluruh pemohon yang datang harus menunjukkan hasil rapid test negatif Covid-19.

Munich terletak di Bavaria, salah satu dari enam negara bagian Jerman yang merupakan wilayah kerja KJRI Frankfurt. Bavaria adalah negara bagian dengan luas wilayah terbesar dan memiliki populasi kedua terbanyak (sekitar 13 juta orang). Tercatat sebanyak lebih dari tiga ribu WNI berdomisili di Bavaria.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumlah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.305 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris.

2 tanggapan untuk “WNI di Jerman Sangat Membutuhkan Warung Konsuler Sebagai Akses Pelayana Publik

  • 29 April 2021 pada 13 h 28 min
    Permalink

    Kalau perpanjang KTP untuk bikin e-ktp di perwakilan bisakah?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *