Tim Sepeda Balap Diaspora Indonesia di Eropa Barat Juara Tiga Di Lomba Sepeda L’Etape Czech Republic Tour de France

Tim sepeda balap diaspora Indonesia di Eropa yang bernama Adler Nusantara Berlin Cycling Club (Adler: Bahasa Jerman untuk Garuda) berhasil meraih juara ke-tiga pada kategori group riders 90 km dalam L’Etape Czech Republic Tour de France yang diselenggarakan di Praha, Republik Ceko, pada Sabtu, (28/08/2021).

Pada kategori 90 km, rute pertandingan berawal di Stadion Strahov di Praha dan kemudian menuju Kota Beroun melalui elevasi hingga 1.000 m dengan satu area climbing challenge dan satu area sprint challenge. Peserta kelompok 90km adalah Dubes Arif Havas Oegroseno, Rio Hendrawan Putra, Ade Johan Hasudungan Sinaga, Edy Kusdiyanto, Phoe Saefulloh, Khadirin (dari Belgia), Vembi Noverli, Alvin Egan. Sedangkan wakil untuk kelompok 130km adalah Putra Nugraha, Radifan Rahman, Derien Yauma Warman, Farhan Bayu Rianto. Putra adalah WNI yang bekerja di Deutsche Welle, sedangkan Vembi, Alvin, Radif, Derien, dan Farhan adalah mahasiswa Indonesia di Jerman.

L’Etape du Tour de France merupakan ajang balap sepeda di bawah pengelolaan tim Tour de France yang mengundang partisipasi pebalap sepeda amatir untuk menikmati suasana balap sepeda Tour de France. Selain itu, L’Etape du Tour de France juga merupakan ajang pencarian bibit atlet sepeda profesional. Perlombaan tersebut telah dilaksanakan semenjak tahun 1993 dan setiap tahunnya diikuti oleh sekitar 16.000 pesepeda dari berbagai belahan dunia.

Juara pertama dan kedua pada kategori kelompok putra 90 km diraih oleh dua tim sepeda dari Republik Ceko, yaitu tim Cycling HK dan Bon Jovi Kladno. Pada kategori lainnya, juga dimenangkan oleh tim asal Ceko. Tim Adler Nusantara menjadi satu-satunya tim asal luar negeri yang memperoleh piala pada L’Etape Tour de France di Ceko kali ini.

Sementara itu, Tour de France 2021 bagi pesepeda profesional diikuti oleh 184 pesepeda dari 23 tim yang masing-masing terdiri atas 8 individu dan akan melalui 21 tahapan yang secara keseluruhan membentang sejauh 3.414,14 km dan mencapai ketinggian 2.408 m di daerah Port d’Envalira. Setiap tahunnya, 10 hingga 12 juta penonton menyaksikan Tour de France secara langsung di Perancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *