Kopi Indonesia Dominasi Frankfurt Coffee Festival 2021

Antusiasme dari para pengunjung sangat terlihat melalui keingintahuan mereka terhadap produk kopi Indonesia. Kopi Indonesia memiliki potensi besar sebagai produser kopi utama dunia. Saat ini Indonesia menduduki posisi keempat produsen kopi dunia dengan total produksi sebanyak 753.000 ton di tahun 2020.

Pemerintah Indonesia melalui KJRI Frankfurt terus berupaya memperkenalkan komoditas kopi unggulan kepada konsumen dan penggemar kopi di wilayah kerja, salah satunya melalui ajang “Frankfurt Coffee Festival (FCF) 2021” yang diselenggarakan di Kota Frankfurt.

Rangkaian acara yang digelar di Union Halle Frankfurt, pada 1 – 3 Oktober 2021 itu merupakan festival produk kopi pertama yang digelar secara fisik setelah pandemi Covid-19 panjang yang mengharuskan seluruh pameran di Frankfurt ditunda.

FCF 2021 ini menghadirkan para barista kopi papan atas serta pameran produk beragam perusahaan pengolah kopi.

KJRI Frankfurt berkolaborasi dengan ITPC Hamburg menghadirkan booth Indonesia yang menempati area terluas di FCF 2021 dan berisikan 3 perusahaan yang menjual produk kopi Indonesia, yaitu: PT. Nabu Kopi Ranah Indonesia, PT. Madalle dan PT. Sumber Kopi Prima. Di hari pertama FCF 2021, KJRI Frankfurt mengadakan acara gathering yang dihadiri oleh para Korps Konsuler di wilayah Frankfurt dan para pecinta kopi di Jerman.

Acara gathering dilanjutkan dengan sesi coffee cupping agar para pengunjung dapat secara langsung menyaksikan proses brewing dan menikmati seduhan varian kopi Nusantara dari cangkirnya di booth Indonesia.

Konjen RI Frankfurt, Acep Somantri menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan keunggulan iklim yang dimiliki, Indonesia mampu menghasilkan jenis-jenis kopi dengan kualitas dan cita rasa istimewa. “Indonesia dapat menghasilkan jenis kopi Robusta dan Arabica serta kopi local seperti Gayo, Mandailing, Jambi, Toraja, Flores Bajawa, Papua, dan lain sebagainya dengan kualitas terbaik,” tukas Konjen.

Antusiasme dari para pengunjung sangat terlihat melalui keingintahuan mereka terhadap produk kopi Indonesia. Penampilan dari grup tari Pesona Indonesia di panggung utama juga memukau para pengunjung FCF 2021, di saat bersamaan ditampilkan video mengenai sejarah dan beberapa produk kopi local Indonesia berkualitas tinggi. Konjen RI Frankfurt berpendapat bahwa Indonesia memiliki potensi besar sebagai produser kopi utama dunia. Saat ini Indonesia menduduki posisi keempat produsen kopi dunia dengan total produksi sebanyak 753.000 ton di tahun 2020.

Nilai ekspor kopi Indonesia ke wilayah kerja KJRI Frankfurt mencapai lebih dari 1,7 juta Euro selama kurun waktu 6 tahun terakhir. “Jerman akan menjadi salah satu tujuan utama ekspor produk kopi Indonesia di Eropa,“ jelas Konjen RI Frankfurt.

KJRI Frankfurt terus berupaya dan berkomitmen untuk senantiasa mendorong peningkatan ekspor produk kopi Indonesia ke wilayah kerja melalui kolaborasi yang erat dengan komunitas pecinta kopi , pelaku bisnis dan restoran Indonesia serta mitra kerja di wilayah kerja.

Satu tanggapan untuk “Kopi Indonesia Dominasi Frankfurt Coffee Festival 2021

  • 3 Oktober 2021 pada 16 h 45 min
    Permalink

    Kopi Indonesia di LN itu apakah sama dengan kopi yang kita konsumsi di Indonesia?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *