Barang Pembelian Di Jerman Bila Tidak Cocok, Garansi Duit Bisa Balik!

Catatan Aulia Kurnia

Istilah ‘’Barang yang dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar kembali’’ adalah hal yang lumrah. Ternyata hal ini tidak berlaku 100 persen di Jerman. Pasalnya nih, berbelanja (hampir) apa pun bisa di-refund alias garansi uang kembali. Kebijakan ini berlaku buat pembelian aneka pakaian, barang elektronik sampai kebutuhan rumah tangga.

Jadi misalnya kamu merasa benda yang dibeli salah ukuran, salah warna, menemukan kecacatan di barang, merasa tidak puas, kemahalan atau kita tiba-tiba galau berubah pikiran kebijakan ini menjadi solusi. Lumayan bisa jadi langkah penghematan sih.

Barang yang sudah dibeli dapat dikembalikan kepada penjual atau toko dalam jangka waktu 14 hari. Namun, hal ini gak berlaku buat makanan dan minuman ya. Karena tentu secara kualitas dan kuantitas sudah jauh berkurang. Apalagi jika produknya terbungkus dalam kemasan.

Kebijakan perlindungan terhadap konsumen ini ternyata tertera di bon belanja. Karena itu, kalau ingin mengembalikan pastikan tag informasi soal barang, label harga sampai bon pembelian masih ada dan utuh ya. Pokoknya barang yang sudah dibeli tersebut kelihatannya masih baru dan tetep oke kalo kembali dipajang.

Pengembalian tidak hanya saat berbelanja di toko. Buat yang belanja online pun kebijakan ini berlaku. Misalnya, kita beli pakaian di Zara, H&M, Mango atau apapun lewat daring dan ternyata barang yang dikirim tidak sesuai ekspektasi, jaminan ini bisa digunakan. Barang bisa dikembalikan via toko offline atau bisa juga menelepon customer service kalau mau dikirim balik. Jadi, kalo kamu belanja bon jangan hilang dan juga baca syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

Satu tanggapan untuk “Barang Pembelian Di Jerman Bila Tidak Cocok, Garansi Duit Bisa Balik!

  • 22 Maret 2022 pada 8 h 19 min
    Permalink

    Di Itali juga sama, pas saya ke Prancis juga sama, kayanya di Eropa rata-rata konsumen memang dijamin. Beda di Indonesia garansi cuma 24 jam!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *