Gandeng Orkestra Besar Dunia, KBRI Caracas Bawakan “Manuk Dadali” Pakai Angklung dan Kolintang

Tim musik KBRI Caracas menampilkan permainan angklung dan kolintang bersama dengan El Sistema, yakni sebuah orkestra terbesar di dunia yang tercatat dalam buku rekor dunia Guinness.

Penampilan permainan angklung dan kolintang bersama El Sistema itu dilakukan dalam rangka mempromosikan keindahan budaya Indonesia kepada dunia, kata KBRI Caracas dalam keterangan pers tertulis.

Penampilan tersebut dilakukan pada kegiatan Konser Musik ASEAN yang diselenggarakan di el Centro Nacional de Acción Social por la Musica, Caracas, Venezuela.

“Promosi ini dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia serta hubungan dengan Pemerintah Venezuela, mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan,” kata Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono.

Selain Manuk Dadali, mereka juga menampilkan Moliendo Café. Itu adalah lagu tradisional Venezuela yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan judul Kopi Dangdut. Lagu tersebut pun menjadi penanda bahwa musik dapat mempersatukan kedua masyarakat, terlepas dari letak geografis yang jauh.

Menurut Duta Besar RI di Caracas, Imam Edy Mulyono, promosi pariwisata merupakan bagian dari upaya KBRI untuk memulihkan kembali sektor pariwisata yang tekena dampak pandemi Covid-19.

“Promosi ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia, serta hubungan dengan pemerintah Venezuela, mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan (guest of honor),” tambahnya.

Penampilan kolaborasi antara KBRI Caracas dengan El Sistema itu menghibur sekitar 400 penonton yang hadir dalam acara tersebut.

Bersama dengan El Sistema, tim KBRI Caracas mainkan lagu berjudul Venezuela untuk menandakan pertukaran budaya dan persahabatan antara kedua negara.

Satu tanggapan untuk “Gandeng Orkestra Besar Dunia, KBRI Caracas Bawakan “Manuk Dadali” Pakai Angklung dan Kolintang

  • 14 Mei 2022 pada 15 h 24 min
    Permalink

    Luar biasa, ikut bangga!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *