Libur Sekolah di Prancis, Ada Banyak ?

Catatan Alfi Rizal

Bukannya baru masuk September? Oktober sudah libur sekolah?
Ya, begitulah! Ada banyak sekali libur sekolah di Prancis. Tapi bukan libur semesteran. Atau yang disebut trimestre, kalau di Prancis, di mana masa sekolah dalam satu tahun ajaran dibagi menjadi 3 bagian. Bukan pula libur pasca evaluasi atau rapot-an. Tidak ada evaluasi akhir trimestre ataupun tanggal pasti pembagian rapor. Libur sekolah di Prancis, praktis dijadwalkan tiap musim.

Tidak seperti di Indonesia yang libur sekolahnya relatif seragam waktunya, libur sekolah di Prancis tidak selalu bersamaan. Untuk persoalan libur sekolah ini, Prancis dibagi menjadi 3 zona. Libur sekolah yang berlangsung 2 minggu, dimulai bergiliran dengan jarak 1 minggu untuk setiap zonanya. Pembagian ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas saat orang pergi atau pulang liburan.

Jadwal libur sekolah dari website Kementrian Pendidikan Nasional Prancis 

Vacances de la Toussaint

Ini adalah libur sekolah pertama sejak dimulainya awal tahun ajaran baru. Masuk September, Oktober sudah libur. Disebut vacances de la Toussaint karena liburan ini melingkupi hari Toussaint, Hari Raya Semua Orang Kudus, tanggal 1 November. Di Indonesia sendiri, Toussaint tidak dirayakan sebagai libur nasional. Karenanya, saya sering menyebut liburan ini sebagai libur musim gugur saat menjelaskan pada keluarga dan teman di Indonesia.

Libur sekolah 2 minggu ini diadakan seragam untuk seluruh Prancis. Kebanyakan keluarga belum merencanakan pergi liburan, mengingat baru saja kembali dari libur panjang. Di sini anak-anak bisa bernafas sejenak setelah melalui masa awal tahun ajaran baru yang biasanya cukup melelahkan. Juga beradaptasi dengan perubahan waktu musim panas ke musim dingin, yang diterapkan di hari Minggu terakhir bulan Oktober, yang tahun ini adalah pada tanggal 30.

Foto dari Service Public

Vacances de Noël

Hanya satu setengah bulan kembali sekolah setelah vacances de la Toussaint, sudah datang vacances de Noël. Libur Natal … dan Tahun Baru! Tentu saja libur ini seragam untuk seluruh Prancis, dimulai dari Senin sebelum Natal, dan masuk lagi Senin sesudah tahun baru. Misalnya untuk tahun ini libur dimulai tanggal 19 Desember, dah masuk sekolah lagi tanggal 2 Januari.

Masih suasana tahun baru? Memang! Tapi karena Natal jatuh hari Minggu, libur tak bisa dimulai Seninnya. Karena tradisinya, keluarga Prancis berkumpul di tanggal 24, di malam Natal. Seperti tahun baru lah ya, orang lebih merayakannya pada tanggal 31 malam, bukan tanggal 1-nya. Libur sekolah yang dimulai tanggal 19 memberi waktu bagi anggota keluarga yang jauh untuk tetap bisa berkumpul bersama.

Vacances d’Hiver

Januari baru masuk, Februari sudah libur lagi. Vacances d’hiver, libur musim dingin.

Bulan Februari adalah puncak musim dingin. Saat suhu udara mencapai titik terendahnya. Saat inilah orang bepergian ke gunung bersalju untuk main ski. Atau ya, untuk main-main salju saja. Tak semua daerah di Prancis mendapatkan salju di musim dingin, tuh. Termasuk daerah saya yang siklus salju bisa bertumpuknya kabarnya hanya 20 tahun sekali! Di luar itu paling hanya bertahan sebentar saja di tanah…

Salju Februari 2010 di daerah kami

Di vacances d’hiver ini, waktu liburnya bergantian antar zona. Kalau tak beruntung dan mendapat giliran terakhir, libur baru datang saat salju sudah mulai menghilang.

Vacances de Printemp

Satu setengah bulan sesudah vacances d’hiver, datang vacances de printemps, libur musim semi.

Dulu, libur ini disebut vacances de Paques, libur Paskah. Namun libur sekolah ini tak selalu meliputi hari-hari keagamaan yang berkaitan dengan Paskah, karena kan tergantung kapan giliran liburnya. Untuk tepatnya memang lebih pas disebut sebagai libur musim semi. Memang belahan bumi utara memasuki musim semi di bulan April ini.

Libur ini, selain memberi sekedar pause untuk anak-anak, juga memberi waktu untuk lebih beradaptasi dengan pewaktuan yang berubah dari jam musim dingin ke jam musim panas di hari Minggu terakhir bulan Maret.

Vacances d’Eté

Sesudah libur musim semi, hari sekolah terasa panjang sekali. Bukan hanya bahwa suhu udara yang memanas, bukan pula karena matahari yang lebih cepat terbit dan lebih lambat terbenam. Tapi juga bahwa harus menunggu bulan Juli untuk bertemu dengan liburan lagi. Apalagi kalau sedang tak beruntung, di mana hari libur nasional di antara April dan Juli jatuh di hari Sabtu atau Minggu. Tak ada penggantian ke Jumat atau Senin seperti di Indonesia!…

Tapi tak apa. Setelah 3 bulan sekolah, ada libur musim panas selama hampir 2 bulan. Dari awal Juli sampai masuk lagi bulan September. Atau malah lebih, untuk siswa college dan lycee yang bukan di tahun terakhir. Mereka yang bukan di 3e atau Terminale bisa libur cepat karena ruang kelas digunakan untuk ujian, dan guru-gurunya dikerahkan sebagai pengawas.

Foto kemacetan musim panas dari Nice Matin

Liburan musim panas ini tidak digilir. Meski durasinya yang panjang mestinya bisa membuat orang memilih waktu masing-masing, tetap saja kemacetan parah selalu saja terjadi di jalur berangkat ataupun pulang ke lokasi-lokasi wisata. 

Jeda Istirahat

Enak sekali ya, liburnya banyak?

Harus diingat bahwa siswa maternelle dan primaire bersekolah dari pukul 8.30 hingga 16.30, tiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Untuk dua tingkat ini, selain Sabtu dan Minggu, hari Rabu juga libur.

Jam belajar siswa collège dan lycée bervariasi berdasarkan jadwal hariannya. Standarnya mereka sekolah setiap hari dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 8.00, dan selesainya bisa sampai pukul 18.00. Dan mereka masih bersekolah sampai tengah hari di hari Rabu.

Contoh jadwal pelajaran kelas 2nde

Libur sekolah diperlukan untuk memberi waktu anak-anak beristirahat sejenak dari rutinitas sekolah. Dan jangan lupa, banyaknya liburan ini menambah tugas orang tua untuk memikirkan, bagaimana mengisi kegiatan anak selama liburan itu dengan baik.

Bonnes vacances!…

Satu tanggapan untuk “Libur Sekolah di Prancis, Ada Banyak ?

  • 5 November 2022 pada 21 h 39 min
    Permalink

    Sebenarnya hampir sama sih ya liburan sekolah di Indonesia kalau dikumpulin juga banyak. Apalagi hati2 libur keagamaan semua agama ada liburnya. Lol

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *