Peluang Besar Kolaborasi Generasi Muda Indonesia dan Pakistan di Bidang Riset, dan Sosial Budaya

Dalam rangka peringatan 1 tahun dibentuknya Indonesia-Pakistan Youth Forum (IPYF) tahun 2021 lalu yang diinisiasi oleh Konjen RI Karachi, pada tanggal 23 November 2022, KJRI Karachi telah menggelar hybrid sharing session: Collaboration of Indonesia-Pakistan Young Scientist and a Way Forward of IPYF di Wisma Indonesia, KJRI Karachi.

Kegiatan tersebut juga bertepatan dengan penyambutan 12 orang delegasi riset dari Universitas Sumatera Utara (USU) yang bergabung dalam program joint research dengan International Center for Chenmical and Biological Science (ICCBS), University of Karachi selama kurang lebih 6 bulan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari MoU Kerjasama antara USU dan ICCBS yang ditandatangani pada akhir tahun 2021 lalu.

Hadir secara online lebih dari 180 orang peserta terdiri dari mahasiswa perwakilan dari berbagai universitas di Karachi yakni University of Karachi, Iqra University, Bahria University, NED University, dan Indus University serta beberapa mahasiwa di Indonesia yakni dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Telkom University, Universitas Udayana, dan Universitas Hang Tuah Surabaya.

Selain itu juga, mahasiswa Pakistan yang sedang belajar di Indonesia (Penerima Beasiswa KNB Indonesia) di Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Dipenogoro (Undip). Dalam sambutannya, Konjen RI Karachi, Dr. June Kuncoro Hadiningrat menyampaikan bahwa IPYF dibentuk untuk menjadi platform yang menampung inisiatif bagi peningkatan hubungan kepemudaan Indonesia-Paksitan di segala bidang. Hal ini mengingat interaksi Indonesia dan Pakistan masih lebih terbatas kepada bidang ekonomi. Secara khusus Konjen RI Karachi menekankan bahwa kedatangan tim riset dari USU dapat menjadi contoh bagi universitas-universitas lain di Indonesia dan Pakistan dalam membangun dan merealisasikan kerjasama kedua negara.

KJRI Karachi telah berhasil meningkatkan kerjasama antar universitas di Pakistan dan Indonesia. Di mana KJRI Karachi menekankan pada rancangan program kerjasama tersebut tentang keterlibatan para mahasiswa yang merupakan pemuda, seperti pertukaran pelajar, workshop, penelitian bersama, seminar dan lainnya.

Sementara itu, Direktur ICCBS, Prof. Muhammad Iqbal Choudary, dalam sambutannya secara online dari Jeddah, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Konjen RI Karachi yang telah berhasil merealisasikan MoU Kerjasama antara ICCBS dan USU. Diharapkan Kerjasama riset bersama ini akan semakin meneguhkan hubungan antara Indonesia dan Pakistan dalam bidang sains melalui dukungan dari Committee on Scientific and Technological Cooperation (COMSTECH), dibawah payung Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Sebagai nara sumber, 2 (dua) perempuan periset level PhD dari ICCBS, yaitu Ms. Anila Fayaz dan Ms. Faryal Ashraf; dan 2 (dua) mahasiswa perempuan USU, Ms. Alfi Dwi Hadiani dan Ms. Artha Risma Uli Napitupulu. Selain itu turut hadir juga secara online 2 (dua) mahasiswa Pakistan penerima beasiswa Indonesia Kemitraan Negara Berkembang (KNB), yaitu Mr. Taimoor Ahmed (Alumni Magister Managemen Universitas Atma Jaya dan Mr. Zeeshan Hamid Malik, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam diskusi tersebut disepakati perlunya intensifikasi kerja sama bidang riset antara generasi muda Indonesia dan Pakistan, namun juga memperluas bidang kerja sama bidang lainnya termasuk bidang ilmu-ilmu sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *