Lomba Ngulek Sambal dan Kuliner Indonesia jadi Pusat Perhatian di Les Papilles du Monde, Prancis

Catatan Dewi HW Gulalie

Gulalie Épicerie Indonésienne dan PPI La Rochelle berpartisipasi bersama di acara Les Papilles du Monde di Salle de l’Oratoire, La Rochelle, Sabtu 26 November 2022.

Acara tahunan yang diadakan oleh Association Avenir En Heritage ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara warga kota La Rochelle dengan komunitas warga negara asing yang tinggal di kota tersebut.

Pengunjung dibuat berdecak kagum dengan makanan yang disajikan di stand Indonesia seperti nasi tumpeng, orek tempe, ayam suwir dan telur, dadar gulung, serta bubur ketan hitam.

Begitu juga dengan jajanan kakilima “mie ayam” serta jajanan pasar seperti nagasari dan bolu sarang semut yang disajikan oleh Dewi Hadin, warganegara Indonesia yang tinggal di St-Félix yang juga pemilik toko online Gulalie Épicerie Indonésienne.

Pengunjung dari berbagai usia sangat antusias mencicipi makanan Indonesia sambil bertanya tentang bumbu dan bahan-bahan yang dipakai, cara memasak, latar belakang budaya, dan sebagainya.

Untuk mempermudah pengunjung mengenal makanan yang disajikan, PPI La Rochelle dan Gulalie melengkapi dekorasi stand dengan poster-poster berisi ilustrasi dan keterangan tentang makanan Indonesia.

Stand Indonesia juga menyumbang acara yang menarik perhatian penonton, yaitu “lomba mengulek sambal”. Dipandu oleh Novi Kurniawati, dosen sastra Perancis Universitas Negeri Semarang yang sedang mengikuti program beasiswa pelatihan bahasa Perancis di La Rochelle Université, tiga orang peserta bersaing untuk menghasilkan sambal yang paling enak menurut juri. Mereka dibekali dengan cobek, cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan garam. Di akhir lomba, semua peserta mendapat hadiah kenang-kenangan berupa suvenir dari PPI La Rochelle.

Setelah acara lomba tersebut, banyak orang yang bertanya tentang apa itu sambal, bagaimana cara memakannya, jenis-jenis sambal, serta cara menggunakan cobek batu.

“Stand Indonesia paling menarik,” kata Alisone Arthaud, salah seorang relawan dari Avenir en Héritage, “makanan kalian unik dan lomba ‘ngulek sambal kalian seru banget!”.

Partisipasi Gulalie Épicerie Indonésienne dan PPI La Rochelle dalam acara Les Papilles du Monde adalah bentuk inisiatif dan kerja sama warga negara Indonesia di Perancis untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat.

Satu tanggapan untuk “Lomba Ngulek Sambal dan Kuliner Indonesia jadi Pusat Perhatian di Les Papilles du Monde, Prancis

  • 29 November 2022 pada 19 h 48 min
    Permalink

    Lucu bener kebayang orang bule ngulek sambal 🤣

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *