Kebersamaan Ramadan yang Indah di Ujung Utara Dunia

Catatan Anindita Tantri

Allahu Akbar, Allahu Akbar suara azan memenuhi ruang MIIT Center menandakan waktu berbuka puasa di daerah Toronto dan sekitarnya. MIIT adalah singkatan dari Masyarakat Islam Indonesia Toronto, didirikan di tahun 1980-an sebagai sarana muslim Indonesia untuk berkumpul dan belajar agama bersama. Pada tanggal 1 April 2023 lalu diadakan acara besar buka puasa bersama. Tua, muda, dan anak-anak ikut menyukseskan acara ini. Tidak hanya itu, acara yang dihadiri hampir 200 orang tersebut dihadiri langsung oleh Dubes Republik Indonesia, Bapak Daniel Simanjutak dan Ibu konjen Republik Indonesia, Ibu Dyah Lestari Asmarani.

Bapak Dubes memberikan pesan agar kerukunan dan kebersamaan umat muslim Indonesia di Toronto perlu dipertahankan. Sebagai support system yang kokoh di negeri rantau. Walau tinggal di beberapa kota yang berbeda kerukunan perlu terus ditegakkan. Bapak Daniel juga berkesempatan meresmikan kedai MIIT. Kedai Indonesia yang diharapkan bisa menjadi batu pertama Koperasi Muslim Indonesia nantinya. Tidak ayal potensi warga Indonesia di Toronto sangat besar, banyak yang bisa menjadi supplier khususnya makanan, minuman khas Indonesia, pakaian, barang dan lain sebagainya. Hal ini sangat didukung oleh para jamaah yang hadir di acara tersebut.

Sebelum acara buka puasa bersama berlangsung, diadakan juga lomba Ramadan untuk anak-anak. Lomba ini diharapkan bisa merekatkan persaudaraan dan juga memotivasi anak-anak untuk mempelajari Islam di Kanada. Lomba-lomba yang diadakan diantaranya Azan, hapalan Al Quran, tilawah, ceramah (short speech), Art and Craft, dan E-poster untuk teenager. Perlombaan Ramadan ini disambut baik oleh para jamaah, peserta yang ikut lomba cukup banyak.

Menyediakan makanan berbuka puasa untuk 200 orang bukanlah hal yang mudah. Para ibu bergotong royong memasak bersama berbagai jenis makanan Indonesia diantaranya sayur lodeh, ayam bakar, sambal goreng printil, mie goreng, dan lainnya. Dan tidak lupa takjil seperti kolak pisang, es buah, berbagai jenis kue basah dan juga snack asin (tahu isi, martabak, lumpia, dan lain sebagainya), ma shaa Allah. Semua disiapkan bersama-sama.

Tidak hanya itu para panitia Ibu juga bersedia volunteer untuk membagikan makanan tersebut kepada para jamaah. Para Bapak juga tidak kalah semangat, mereka datang di awal waktu menyiapkan dan membersihkan ruangan, mendekorasi, dan mempersiapkan alat-alat pendukung seperti sound system, kursi dan meja dan lain sebagainya.

Para Remaja membantu kegiatan buka puasa bersama ini dengan menjaga meja registrasi/pendaftaran, menerima tamu dan menjaga ruang anak. Para remaja ini tumbuh bersama, saat mereka kecil dibawa ke pengajian dan ketika besar semangat membantu acara pengajian seperti ini. Bahkan salah satunya telah menjadi ketua Youth Department dan menjadi MC saat acara buka puasa bersama kemarin.

Setelah acara bukber, sholat Magrib, Isya dan Tarawih diadakan, dipimpin oleh Ustadz Nurochman Memed selaku imam residents MIIT. Beliau memimpin doa dan memberikan tausiyah yang menyejukkan para jamaah. Suasana Ramadan layaknya di tanah air pun bisa dirasakan para jamaah yang hadir. Bapak Riza selaku CEO MIIT juga memberikan pesan mendalam agar MIIT bisa menjadi rumah bagi siapapun, tumbuh bersama dalam keimanan dan persaudaraan. Sebagai organisasi yang besar dan berusia hampir 40 tahun, MIIT telah berusaha memberikan pelayanan kepada jamaah secara sukarela dan bersama-sama. Setelah memiliki tempat sendiri di tahun 2022, menjadi oase tersendiri bagi para pengurus untuk memberikan lebih baik bagi umat.

Acara buka puasa 1 April kemarin memberikan kenangan tersendiri yang tidak terlupakan bahwa dimanapun bumi Allah berada, ikatan iman dan kebersamaan adalah kekuatan tersendiri untuk bisa tegak walau menjadi minority.

Satu tanggapan untuk “Kebersamaan Ramadan yang Indah di Ujung Utara Dunia

  • 18 April 2023 pada 17 h 05 min
    Permalink

    MashaAllah rame sekali. Ikut senang lihatnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *