Ratusan Diaspora dan Warga AS Dari Berbagai Kota Meriahkan Gowes Merdeka, Menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 di San Francisco

Ratusan masyarakat, diaspora Indonesia, dan warga lokal AS ikut serta dalam Gowes Merdeka yang berlangsung di San Francisco pada 8 Juli 2023. Tidak kurang dari 300 orang datang dari komunitas gowes berbagai tempat di antaranya Los Angeles, Sacramento hingga kota-kota lain di wilayah San Francisco Bay Area di 8 county Alameda, Napa, Marin, Solano, Sonoma, San Mateo, Santa Clara, Contra Costa, San Francisco.

Acara sepeda tersebut digelar untuk menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 yang diadakan KJRI San Francisco bekerja sama dengan Gowes Indo-SF.

“Kegiatan ini merupakan kick-off rangkaian kegiatan KJRI San Francisco dalam menyambut, memeriahkan kemerdekaan Indonesia, yang berkolaborasi dengan masyarakat dan diaspora, sekaligus merupakan momentum guna membangkitkan semangat aktivitas dengan gaya hidup sehat dan kebersamaan semua elemen masyarakat”, demikian disampaikan Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi, dalam sambutan pembukaannya.

Konjen Prasetyo mengungkapkan harapannya kegiatan bersepeda ini akan semakin memperkokoh rasa kebangsaan khususnya di antara warga Indonesia sekaligus menunjukkan kepada warga lokal nilai-nilai kebersamaan dan persatuan masyarakat dan diaspora Indonesia yang menggiatkan semangat budaya sehat dengan bersepeda. 

Jarak tempuh gowes kali ini sekitar 45-50 kilometer. Titik awal memulai kegiatan yaitu di Crissy Field – Golden Gate, kemudian para pesepeda melewati rute Golden Gate, Presidio National Park, Fisherman’s Wharf, dan sudut-sudut dermaga kota San Francisco serta berakhir kembali di Crissy Field. 

Sepanjang perjalanan, para pesepeda dikawal terus oleh para tenaga sukarelawan medis, diiringi tenaga mekanik sepeda berkompeten yang turut serta membantu pesepeda apabila misalkan rusak atau ban kempes, bocor, serta pada titik tertentu disiapkan makanan dan minuman berenergi untuk menambah stamina.

Para peserta juga mengenakan kaos sepeda khusus bernuansa merah dan putih untuk menciptakan semangat kebangsaan sebagai ungkapan menyambut kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus mendatang.

Charles Strickfaden, Kepala Komunikasi dan Humas – Lembaga Layanan Taman Nasional yang bertanggung jawab mengelola seluruh Area Rekreasi Golden Gate, menyampaikan apresiasinya kepada Konjen RI saat menjalin koordinasi mendukung rencana kegiatan Gowes Merdeka tersebut.

“Kami sangat takjub dengan kekompakan komunitas Indonesia di San Francisco dan ke dua kalinya komunitas Indonesia memilih dan mengadakan acara sepeda di wilayah taman nasional wisata AS yang ada di Pantai Barat Utara. Kami ucapkan selamat menyambut kemerdekaan RI tahun ini yang akan jatuh nanti pada 17 Agustus.“ ujar Charles.

Ketua Gowes Indo-SF, Arie Quick, mengatakan bahwa acara sepeda bersama ini selain untuk menjaga badan tetap sehat, juga sebagai sarana berkumpulnya warga dan diaspora untuk mengenang kemerdekaan Indonesia.

“Kedatangan komunitas sepeda Indonesia dari beberapa daerah di AS menunjukkan semangat kebersamaan warga Indonesia masih menyala meski mereka jauh dari tanah air dan mengekspresikannya dalam bentuk sepeda bersama”, ujar Arie.

Konsul Pensosbud, Mahmudin Nur Al-Gozaly, mengemukakan bahwa digelarnya rangkaian acara menyambut dan memperingati kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah sebagai media untuk mempromosikan kembali pentingnya olah raga di tengah masyarakat. “Olah raga merupakan salah satu media perekat bangsa yang tepat untuk menggelorakan semangat kebangsaan sekaligus semangat sportivitas, kejujuran dan yang terutama adalah hidup sehat“, tegas Mahmudin.

Setelah seluruh peserta kembali ke titik finish di Crissy Field, mereka kemudian dimanjakan dengan suguhan makanan khas Indonesia serta iringan lagu kebangsaan, nasional dan beragam lagu tradisional yang dibawakan oleh Band Gowes Indonesia – San Francisco.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *