HUT RI ke 78 Ala Santri Ciamis, Semangat dan Seru

Catatan Susi Susanti

HUT RI dirayakan oleh seluruh bangsa Indonesia di berbagai tempat hingga Negara, termasuk kami para Santri yang berada di Ciamis. Santri Muhammad Danu Fathahillah (MDF) tak ketinggalan ikut serta memeriahkan HUT RI ke-78 dengan berbagai kegiatan menarik, menghibur, dan bermanfaaat. Perayaan HUT RI dilaksanakan dari sebelum tanggal 17 Agustus hingga 20 Agustus 2023.

Sebelum tanggal 17 Agustus 2023. Santri MDF mengikuti lomba futsal antar RW, hal tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi santri dengan masyarakat sekitar agar santri bisa berbaur dengan masyarakat. Juara 1 futsal diraih oleh santri MDF, hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi kami.

Tepat tanggal 17 Agustus 2023 adalah waktu yang ditunggu-tunggu karena merupakan puncak kemeriahan HUT RI ke-78. Semua santri MDF mengikuti pawai karnaval yang diselenggarakan oleh desa Baregbeg, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Seluruh  santri mengikuti karnaval dengan berbagai kostum yang dikenakan, seperti berpakaian pramuka, kostum pejuang, kostum kiyai, dan lainnya.

Seluruh santri berangkat karnaval pukul 06.30 menuju lapang desa Saguling, Baregbeg, Ciamis dibersamai dengan hujan rintik-rintik namun tak melemahkan semangat mereka untuk sampai di lapangan, seperti halnya para pejuang Indonesia yang tak kenal hujan badai untuk memperjuangkan negeri kita tercinta.

Sesampainya di sana, seluruh santri mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Penampilan karnaval dari setiap peserta membuat suasana semakin meriah.

Masyarakat setiap RW tampil dihadapan kepala desa dan seluruh warga desa Saguling secara bergantian memamerkan ciri khas RW masing-masing, termasuk dari santri MDF menampilkan olahraga bela diri yang telah banyak menyandang piala dalam ajang perlombaan bergengsi.

Belum selesai sampai di sini, kemeriahan berlanjut pada tanggal 18-20 Agustus 2023, seluruh santri MDF mengikuti berbagai lomba yang dipanitiai oleh OSIS SMPIT dan SMAIT MDF.

Adapun lomba-lomba yang diselenggaran antara lain: lomba estadet kombinasi, lomba makeup, lomba perang bantal, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, Menara air, dan masih banyak lainnya. Acara tambah meriah ketika para Guru ikut serta salah satu lomba yaitu estafet kombinasi yang diawali dengan memasukkan paku ke dalam botol, dilanjut balap karung, menyusun menara gelas dengan balon,  lomba kelereng sendok, dan yang terakhir meniup balon sampai meletus.

Seluruh acara lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 berlangsung lancar dan menghibur hingga mengundang gelak tawa para penonton. Begitulah kami para santri dan satriwati dalam memeriahkan Kemerdekaan Indonesia ke 78 tahun. Perjuangan para pahlawan selalu kami kenang sebagi pembangkit semangat kami dalam menempuh ilmu namun kami tetap bisa fun menikmati hari istimewa ini.

Acara ditutup pada tanggal 20 Agustustus 2023 dengan diakhiri penampilan kreasi santri dan pengumuman kejuaraan. 

Foto : Azizah Nisa

Satu tanggapan untuk “HUT RI ke 78 Ala Santri Ciamis, Semangat dan Seru

  • 25 Agustus 2023 pada 0 h 49 min
    Permalink

    Alhamdulillah Lembaga maupun santri MDF berkesempatan mengikuti dan memeriahkan HUT ke 78 RI dilingkungan Desa Saguling berbaur dengan masyarakat sekitar. Ini baik juga bagi lembaga MDF sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat yg masih belum mengetahui terhadap program yg ada di lembaga MDF. Selamat dan sukses bagi MDF smg tahun depan bisa kembali memeriahkan HUT RI dilingkungan deaa Saguling dan dapat menyumbang gagasan dan pikiran bagi kemajuan masyarakat sekitar.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *