San Francisco Siap Jadi Tuan Rumah Sukseskan APEC 2023

Rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2023 dimulai dengan kick-off di Balai Kota San Francisco (09/11). Acara pembukaan ini menjadi momen bersejarah dan dihadiri oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di San Francisco, Prasetyo Hadi, serta Walikota San Francisco, London Breed, yang memberikan undangan khusus.

Pada acara kick-off, Walikota London Breed menyatakan kesiapan San Francisco sebagai tuan rumah untuk KTT APEC 2023. “San Francisco telah mempersiapkan diri dengan matang untuk menjadi tuan rumah yang ideal bagi KTT APEC, dan kami berkomitmen penuh dalam meningkatkan keamanan, menyempurnakan infrastruktur kota, dan menjamin akses informasi yang komprehensif,” kata Breed. Dia juga menambahkan, “KTT APEC bukan hanya akan memancarkan kilau San Francisco di kancah global, tapi juga akan menjadi katalisator penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota San Francisco mencapai US$ 50 miliar.”

Konsul Jenderal Prasetyo Hadi mengharapkan kiranya KTT APEC dapat memfasilitasi penguatan kerja sama dan integrasi ekonomi sesama anggota ekonomi di kawasan Asia Pasifik, serta peningkatan kapasitas, dimana Indonesia dapat terus memproyeksikan kepentingan-kepentingannya dan mengamankan posisinya dalam tata hubungan ekonomi internasional yang adil dan terbuka.

Pembukaan rangkaian acara KTT APEC 2023 dimulai dengan pengibaran bendera APEC oleh Walikota San Francisco didampingi Dubes Matt Murray selaku Utusan Khusus AS untuk APEC serta dihadiri oleh para Kepala Perwakilan negara asing khususnya dari 21 anggota ekonomi APEC lainnya. Dengan ini, APEC 2023 resmi ditandai sebagai konferensi internasional terbesar di San Francisco sejak konferensi bersejarah PBB tahun 1945.

Acara ini dihadiri oleh pemimpin dari 21 anggota kawasan Asia dan Pasifik, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Presiden RRT Xi Jinping. Meskipun dibayangi sanksi AS, delegasi Rusia akan tetap berpartisipasi tanpa kehadiran Presiden Vladimir Putin.

Selain itu, KTT APEC 2023 juga akan dihadiri oleh tokoh bisnis global seperti Satya Nadella (CEO Microsoft), Sundar Pichai (CEO Google Inc.), Sam Altman (CEO OpenAI), dan Marc Benioff (CEO Salesforce) dalam ajang KTT APEC CEO. Estimasi kehadiran total partisipan mencapai 20.000 individu dari berbagai sektor.Mengingat pentingnya acara ini, Pemerintah AS telah merencanakan tindakan keamanan ekstensif. Lebih dari seribu personel keamanan dari berbagai lembaga akan menjamin ketertiban di sekitar Gedung Moscone Center, Taman Yerba Buena, dan Nob Hill. Keamanan akan lebih diperketat dengan pengerahan petugas Dinas Rahasia dan pemasangan pagar setinggi 14 kaki untuk melindungi zona inti di Gedung Moscone Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *