Penulis Indonesia Andrea Hirata Jadi Pembicara di Qatar National Library

Penulis terkenal dari Indonesia, Andrea Hirata, menjadi pembicara acara diskusi di Qatar National Library yang diadakan pada tanggal 3-4 November 2023, sebagai bagian dari perayaan Tahun Budaya Qatar-Indonesia. Sesi yang berlangsung selama dua hari ini mengundang perhatian ratusan orang, termasuk diaspora Indonesia, akademisi, dan para penggemar yang tinggal Qatar.

Pada hari pertama, Andrea Hirata berbicara dengan tema “Budaya melampaui Karya”. Dia memberikan wawasan tentang kisah di balik layar dari mahakarya “Laskar Pelangi” dan bagaimana novel tersebut bisa menyentuh jutaan hati penggemar di seluruh dunia hingga laku lebih dari lima juta kopi dan menjadikannya penulis terlaris sepanjang masa di Indonesia. Pada hari kedua, Andrea Hirata membahas tentang seni menulis kreatif. Ia menjelaskan tentang kompleksitas menuangkan emosi ke dalam tulisan dan menggarap alur cerita dengan sempurna.

Mahakarya Andrea Hirata, “Laskar Pelangi,” adalah tetralogi yang berpusat pada ketimpangan pendidikan di desa. Novel ini telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa, dan menerima beberapa penghargaan, seperti Pemenang Festival Buku New York tahun 2013 (kategori fiksi umum) dan Pemenang BuchAwards Jerman tahun 2013.

Dalam pidatonya, Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Bapak Ridwan Hassan, mengekspresikan betapa pentingnya Laskar Pelangi bagi orang Indonesia. Ia menyampaikan bahwa novel ini mengisahkan tentang suka duka menuntut ilmu, hangatnya persahabatan, dan kerasnya perjuangan dalam menghadapi tantangan kehidupan dengan cara yang indah dan menghibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *