Dubes RI Arief Basalamah Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan

Duta Besar RI untuk Ukraina merangkap Republik Armenia dan Georgia, Arief Basalamah telah serahkan Surat Kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Armenia, Vahagn Khachaturyan di Presidential Palace, Yerevan pada 14 November 2023. Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan berlangsung singkat dan khidmat, dilanjutkan dengan pembicaraan bilateral antara Dubes RI dengan Presiden Armenia.

Foto Kantor Kepresidenan Armenia

Saat pembukaan pembicaraan, Dubes RI menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Armenia. Pertemuan bilateral menyinggung sejumlah aspek terkait hubungan RI – Armenia. Secara khusus dalam aspek ekonomi, Presiden Armenia menyoroti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang signifikan pada tahun 2022, bahkan pada masa pandemi COVID-19 berlangsung. Dengan pertumbuhan tersebut, Presiden Armenia berharap agar kerja sama ekonomi RI – Armenia dapat ditingkatkan. Menurut data statistik setempat, nilai impor produk Indonesia oleh Armenia pada tahun 2022 mencapai $42.6 juta.

Foto Kantor Kepresidenan Armenia

Menanggapi hal tersebut, Dubes RI sampaikan komitmen untuk mendorong peningkatan perdagangan dan investasi, salah satunya melalui berbagai forum bisnis yang rutin diselenggarakan di Indonesia. Dubes RI berharap agar para pebisnis Armenia dapat mengikuti Indonesia – Europe Bisnis Forum dan Trade Expo Indonesia yang diadakan setiap tahun, untuk mengeksplorasi peluang perdagangan dan investasi kedua negara. Selain itu, Dubes RI juga mengundang para pelaku bisnis Armenia untuk mengakses Trade Expo Indonesia 2023 yang masih berlangsung secara daring hingga Desember 2023.

Hubungan sosial budaya juga menjadi salah satu aspek penting untuk mendukung peningkatan kerja sama antara kedua negara. Salah satunya melalui sektor pendidikan, Dubes Arief berharap agar dikembangkannya kerja sama antara perguruan tinggi di RI dan Armenia untuk sharing knowledge di bidang science dan teknologi, serta mengundang agar semakin banyak pelajar dan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Indonesia. Hal ini untuk mendorong people-to-people contact yang tentunya bisa berdampak positif bagi peningkatan hubungan bilateral RI – Armenia. Selain itu, demi mempermudah diplomasi, Presiden Khachaturyan secara khusus sampaikan harapan agar Indonesia dapat segera membuka kantor perwakilan diplomatik permanen di Yerevan. Armenia sendiri telah memiliki kantor Kedutaan Besar di Jakarta sejak tahun 2013. Sementara itu, pemerintah Indonesia telah mengangkat Konsul Kehormatan di Yerevan, Armenia , yaitu Dr. Yervand Voskanyan sejak 2005 dan masih berlangsung hingga saat ini.

Penyerahan Surat Kepercayaan merupakan penanda resmi dimulainya penugasan Arief Basalamah sebagai Dubes RI non residen untuk Republik Armenia. Presiden Khachaturyan tidak lupa mengucapkan selamat kepada Dubes RI atas penugasan barunya dan berharap kedepannya agar hubungan bilateral kedua negara akan semakin erat dan saling menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *