Pelaksanan Pemungutan Suara di Kyiv Berjalan Aman

Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024, telah berlangsung Pemilihan Umum Pasangan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI (legislatif) tahun 2024 di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kyiv yang meliputi Ukraina dan Republik Armenia serta Georgia.

Pemilu PPWP dan legislatif dengan metode Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka di gedung kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Jalan Universitetska Nomor 17 kota Kyiv (Ukraina).

TPS 001 dibuka sejak pukul 10:00 waktu setempat. TPS 001 melayani 22 (dua puluh dua) pemilih yang terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 4 (empat) pemilih di daftar pemilih tambahan (DPTb) serta 3 (tiga) pemilih pada Daftar Pemilih Khusus (DPK). TPS dibuka hingga pukul 16:00 waktu setempat dan sebanyak 100% (seratus persen) surat suara digunakan oleh pemilih, baik pemilih yang ada di dalam daftar DPT, DPTb maupun DPK yang menggunakan metode TPS.

Selain metode TPS, PPLN Kyiv juga melayani pemilih melalui pos dan telah menerima kembali 7 (tujuh) surat suara dari pemilih di Ukraina, 9 (sembilan) di Republik Armenia dan 9 (sembilan) di Georgia. Acara Pemilu 2024 di KBRI Kyiv juga dihadiri oleh Ketua Grup Kerja Sama Bilateral Antarparlemen Ukraina – Indonesia, Dr. Artem Kunaev dan pewarta lokal untuk menyaksikan proses pemungutan suara WNI di luar negeri serta ajang promosi budaya dan pesta demokrasi.

Setelah melakukan pemungutan suara, para pemilih dan tamu undangan menyantap kuliner khas Indonesia, seperti nasi uduk, sate padang dan siomay. Dalam kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk temu warga yang jarang berkumpul karena situasi keamanan saat ini.

Secara umum pelaksanaan pemilu di TPS 001 Kyiv, Ukraina, berjalan dengan aman dan tertib serta tidak ada gangguan keamanan yang berarti. Terlepas dari situasi dan keamanan yang belum stabil di Ukraina, tidak mengurangi antusiasme para pemilih untuk hadir langsung di TPS 001, bahkan ada pemilih yang datang dari jauh seperti kota Kharkiv dan Dniepr.

Selanjutnya, akan diadakan penghitungan surat suara TPS pada 14 Februari 2024 di KBRI Kyiv dan 15 Februari 2024 untuk penghitungan surat suara pos. Acara penghitungan surat suara akan mengundang seluruh WNI di Ukraina untuk turut menyaksikan proses penghitungan dimaksud.

Satu tanggapan untuk “Pelaksanan Pemungutan Suara di Kyiv Berjalan Aman

  • 11 Februari 2024 pada 21 h 29 min
    Permalink

    Seperti sedang tidak ada perang ya, sykurlah para WNI di sana masih bisa memberikan hak suaranya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *