Sosialisasi Portal Peduli WNI Serentak di 5 Kota di Jerman

Kegiatan sosialisasi sebagai sistem terpadu lapor diri, layanan serta perlindungan WNI di luar negeri, bertujuan untuk percepatan pemutakhiran dan verifikasi data WNI di wilayah kerja, yang berjumlah kurang lebih 14.200 orang.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt telah melakukan kegiatan sosialisasi Portal Peduli WNI secara serentak di lima kota yaitu Karlsruhe, Stuttgart, Nurmberg, Aachen, dan Saarbrucken pada tanggal 20-21 November 2020.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh para pengurus PPI di masing-masing kota dan perwakilan berbagai organisasi masyarakat Indonesia. Portal Peduli WNI sebagai sistem terpadu lapor diri, layanan serta perlindungan WNI di luar negeri, bertujuan untuk percepatan pemutakhiran dan verifikasi data WNI di wilayah kerja, yang berjumlah kurang lebih 14.200 orang.

Mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19, kegiatan sosialisasi diselenggarakan secara intensif dan terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan Pemerintah Jerman. Kegiatan sosialisasi berlangsung dalam format diskusi interaktif dan praktek langsung lapor diri ke dalam Portal Peduli WNI.

Para pengurus dan anggota PPI dan masyarakat Indonesia di lima kota tersebut mengapresiasi outreach KJRI Frankfurt dalam memberikan pemahaman secara cepat tentang kemudahan dan manfaat Portal Peduli WNI, khususnya dalam persiapan menuju penerbitan Nomor Induk Tunggal (NIT) bagi WNI di luar negeri yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Portal Peduli WNI didesain oleh Kementerian Luar Negeri bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Tenaga Kerja sebagai sistem informasi Pelayanan dan Perlindungan WNI terpadu yang mengintegrasikan pelayanan bagi WNI di seluruh Perwakilan RI di luar negeri. Sistem ini terintegrasi dengan pusat pelayanan dan data nasional seperti kependudukan dan pencatatan sipil (Kemendagri), ketenagakerjaan (BNP2TKI), dan Keimigrasian (Kemenkumham).

KJRI Frankfurt terus berkomitmen memberikan perhatian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia di seluruh wilayah kerja. KJRI Frankfurt menyampaikan apresiasi atas partisipasi, diskusi dan berbagai masukan dari masyarakat dalam upaya pemutakhiran data WNI di wilayah kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *