Hujan dan Cuaca Dingin, WNI Tetap Antusias Ikuti Kegiatan Idul Fitri di KBRI Beijing

Lantunan takbir dan salawat membuka Salat Idul Fitri berjamaah di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, Tiongkok, pukul 08.30 waktu setempat. Walau dalam kondisi hujan dan cuaca dingin 9 derajat Celcius, salat Idul Fitri tersebut diikuti oleh sekitar 400 warga negara Indonesia (WNI), yang mayoritas adalah mahasiswa, pekerja migran profesional Indonesia dan seluruh staf KBRI Beijing.

Dokumentasi KBRI Beijing

Pelaksanaan Shalat Ied di KBRI Beijing diimami oleh Sdr. Fadhil Fawwaz Revano, mahasiswa S1 di University of International Business and Economics Beijing dan bertindak selaku Khatib yaitu Ahmad Syifa Malahim, mahasiswa S3 pada Beijing Institute of Technology. Dalam ceramahnya, khatib menyampaikan bahwa Allah menciptakan manusia dengan memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Perbedaan ini harus disikapi dengan kelapangan hati, saling menghormati, dan saling memahami, bukan sebaliknya.

Dokumentasi KBRI Beijing

“Idul Fitri merupakan momen yang sangat baik untuk selalu menjaga hubungan baik dan memperkuat tali silaturahmi, baik sesama muslim (ukhuwah Islamiyah), sesama anak bangsa (ukhuwah wathoniyyah), maupun sesama umat manusia (ukhuwah basyariyah),” ujar khatib Syifa.

Dokumentasi KBRI Beijing

Selepas Salat Ied, masyarakat Indonesia yang hadir mengikuti acara ramah tamah di Wisma Indonesia KBRI Beijing untuk saling bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan. Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, tidak hanya dihadiri oleh WNI muslim saja namun WNI non-muslim pun sangat antusias dan menantikan momen Idul Fitri tersebut. Tak hanya dari Beijing, WNI yang tinggal jauh di luar Beijing seperti di Wuhan, Fuzhou dan Changchun pun turut hadir untuk mengikuti kegiatan rangkaian kegiatan Idul Fitri di KBRI Beijing.

Dokumentasi KBRI Beijing

Pada kesempatan tersebut Duta Besar RI untuk Tiongkok menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1445H kepada seluruh WNI di Tiongkok yang hadir pada acara Sholat Idul Fitri dan acara ramah tamah yang digelar di Wisma Duta secara virtual. “Hari kemenangan telah tiba. Semoga perayaan Idul Fitri membawa kebahagian dan kedamaian bagi kita semua khususnya masyarakat Indonesia di Beijing dan Tiongkok. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H. Mohon maaf lahir dan batin,” sapa Dubes Djauhari. Dalam acara silahturahmi yang digelar di Wisma Indonesia tersaji hidangan khas Idul Fitri di tanah air, seperti lontong sayur, opor ayam, gulai sayur nangka, sambal goreng ati ampela, kambing guling, telor pindang, sate ayam, batagor dan makanan lainnya.

Dokumentasi KBRI Beijing

“Terima kasih KBRI Beijing telah mengadakan kegiatan silaturahmi dan open house sehingga dapat mengobati rasa kangen sama teman-teman yang sudah seperti keluarga sendiri. Selain itu, tentunya saya juga kangen dengan masakan Idul Fitri khas Indonesia seperti lontong sayur dan opor ayam,” ujar Gita, mahasiswa Fujian Polytechnic Normal University yang jauh-jauh terbang dari Fuzhou.

Kehangatan dan kebersamaan dengan seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Beijing dan sekitarnya memperlihatkan kerinduan akan tanah air setidaknya terobati lewat perayaan Idul Fitri tersebut. Momen Lebaran di KBRI Beijing diharapkan bisa memperkuat rasa kebersamaan seluruh warga Indonesia yang berada di Tiongkok.

Satu tanggapan untuk “Hujan dan Cuaca Dingin, WNI Tetap Antusias Ikuti Kegiatan Idul Fitri di KBRI Beijing

  • 21 April 2024 pada 8 h 49 min
    Permalink

    Pak Dubesnya kok ngk hadir malah daring?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *