Serasa Piknik! Silaturahmi dan Salat Iduladha Warga Indonesia di Frankfurt

Catatan Aulia Kurnia Hakim

Hallo Sobat Surat Dunia! Selamat hari raya Iduladha untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia. Hari besar ini di Jerman jatuh pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Saat mendapatkan informasi pelaksanaan Salat Id berjamaah dari grup whatsapp Masjid Indonesia Frankfurt, saya bergegas mendaftarkan diri. Daftarnya pun gratis dan enggak pakai ribet.

Tahun ini Salat Id kembali dilaksanakan di Wisma Indonesia, di jalan Niedderaeder Landstrasse 36 Frankfurt am Main. Difasilitasi KJRI Frankfurt dan Masyarakat muslim Indonesia Frankfurt, tahun ini saya bisa ikutan. Meski cuaca agak berangin, namun saya tetap semangat. Kabarnya, ada sekitar 400-an warga yang mendaftar. Jamaah pun berasal dari berbagai wilayah. Jadi tidak cuma dari Frankfurt saja. Selain itu, warga lokal alias Jerman yang menjadi mualaf hingga warga Malaysia juga ada yang turut serta.

Saya tiba pukul 08.30 dan langsung menggelar sajadah plus kasih alas tikar piknik. Alasan dikasih alas adalah karena kami salat di atas halaman rumput. Selain itu juga langit pagi mulai abu-abu mendung. Jangan sampai kehujanan hihihi. Kemudian teman saya datang dan selesai bertegur sapa, rangkaian kegiatan pun dimulai. Pukul 9 pagi, Salat Iduladha dipimpin oleh Imam dan Khatib Ustaz Alda K. Yudha. Ia menyampaikan khutbah tentang kisah Nabi Yusuf A.S dan pentingnya keluarga.

Bersama teman-teman
Sambutan Konjen RI Frankfurt usai Salat Iduladha

Selanjutnya, usai salat, acara diisi dengan sambutan Konjen RI Frankfurt Antonius Yudi Triantoro. Ia menyampaikan bahwa KJRI Frankfurt mendukung ragam kegiatan yang mempererat hubungan antar warga, apalagj yang memperkuat identitas kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Acara pun ditutup dengan ramah tamah dan makan bersama sajian khas hari raya. Ada lontong, opor ayam, sambal goreng kentang hingga rendang. Tidak lupa juga ada aneka kudapan ringan berupa aneka kue jajanan pasar. Mantap! Saya dan beberapa teman langsung duduk dengan tikar sambil makan. Pokoknya serasa piknik sambil silaturahmi! Hihihi seru banget kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *