Festival Merah Putih di Ankara

Catatan Dian Akbas

Festival Merah Putih ini bertempat di Wisma Dubes RI di Bakü Sokak No. 5, Oran-Ankara. Saya dan para petugas satgas merapat ke sana ke untuk mengikuti Festival Merah Putih yang diadakan pada tanggal 8 September 2024.

Setibanya di sana, kami mengantre di meja pendaftaran untuk mendapatkan nomor doorprize. Lalu jari kelingking kami dicelup ke tinta, seperti sudah mencoblos pemilu.

Ketika kami datang, di depan panggung sedang dilakukan gladi bersih beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan.

Gladi bersih tarian tradisional
Gladi bersih tarian tradisional

Acara Festival Merah Putih ini bertempat di halaman belakang Wisma. Terdapat tenda-tenda bazar yang posisinya mengelilingi halaman membentuk huruf U dengan atap tenda seperti kerucut. Terdapat juga tenda untuk para tamu kehormatan yang letaknya berhadapan dengan panggung.

Tenda bazar
Tenda bazar dan tenda tamu

Di tenda bazar dijual berbagai makanan Indonesia yang sangat menggoda untuk dinikmati dan dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Di tenda bazar juga ada Livin’ Mandiri yang memberikan kemudahan bagi WNI di Turki untuk membuka rekening Livin’ dengan memberikan cashback sebesar 500 ribu Rupiah.

Sekitar pukul 11, acara dimulai dengan kata pembukaan dari Pak Dubes. Kemudian Bapak Direktur Jaringan dan Ritel Bank Mandiri naik ke atas panggung untuk mensosialisasikan tentang Livin’ Mandiri. Lalu acara dilanjutkan dengan pengenalan tarian tradisional Indonesia secara medley.

Pertunjukkan berlanjut dengan beberapa tarian tradisional secara terpisah (tidak medley). Juga dipersembahkan tarian Ramayana yang dikemas secara apik hingga dapat mencuri perhatian para pengunjung.

Tarian ramayana

Selain tarian tradisional, acara dimeriahkan juga oleh para penyanyi, seperti: penyanyi selebriti yang datang langsung dari Indonesia, yaitu @ekha_alexis and @echa_alisha33. Selain itu ada Pelin Aslı @pelinasli.wav penyanyi Turki yang suka menyanyi lagu dangdut dan juga Si Kembar @erdemkursatikizler yang merupakan kontestan Dangdut Academy Asia 6 tahun 2023 di Indonesia.

Para pengunjung terutama para mahasiswa turun berjoget mengikuti irama musik. Pak Dubes pun tak tinggal diam. Dalam beberapa kesempatan, beliau ikut berjoget bersama.

Ada pula band yang menyanyikan lagu-lagu lawas nan legend seperti lagu Kangen dari Dewa. Kami semua ikut bernyanyi bersama.

Dubes RI ikut berjoget

Kemeriahan acara diselingi dengan pengumuman pemenang doorprize.

Nomor ini adalah salah satu yang tidak beruntung mendapatkan hadiah. Dalam festival ini cukup banyak hadiah doorprize yang disediakan. Seperti HP, tablet, deposito total 10 juta, voucher balon kapadokya, dan yang paling menggiurkan adalah tiket pesawat pp Turki-Indonesia. Ya, ada sekitar 15 tiket pp sebagai hadiah doorprize.

Saya dan teman-teman satgas tentunya sangat mengharapkan untuk mendapatkan tiket pp. Namun, harapan itu pupus sudah. Ambyar pokoknya.Meskipun tidak menang doorprize, kami sudah happy berkumpul dengan sesama WNI, bisa jajan makanan Indonesia,dan menikmati kemeriahan acara Festival Merah Putih.

Sebelum acara berakhir, untuk menghilangkan rasa kesal karena tidak menang doorprize, saya dan teman satgas turun ke depan panggung untuk berjoget ria. Menyempatkan juga berfoto dengan salah satu artisnya. Dan juga menyempatkan untuk berfoto dengan Pak Dubes.

Foto dengan penyanyi
Foto bersama Dubes RI Ankara

Tidak lupa juga berfoto di spot-spot foto menarik di area festival:

Spot merah putih selalu di hati
Spot foto i love indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *