Europalia akan menempatkan Indonesia dan budayanya dalam sorotan musim gugur ini

Festival yang diadakan setiap dua tahun ini, bertujuan untuk menawarkan perspektif baru tentang Indonesia melalui pameran, tarian dan musik dengan fokus pada gamelan, pertemuan sastra dan film. Menurut penyelenggara, orang Eropa sering memiliki visi eksotis tentang negara ini.

Pameran pembukaan yang berjudul “Leluhur & Ritual”, akan fokus pada bentuk pemujaan leluhur tertentu. Pengunjung juga berkesempatan untuk mengeksplorasi topik ini dalam lokakarya di sekitar dan di dalam pameran, yang akan tinggal di Bozar pada awal 11 Oktober.



Pameran “Power and other things, Indonesia & Art (1895-sekarang)” juga akan berfokus pada sejarah Indonesia baru-baru ini mulai dari 18 Oktober di pameran Bozar dan juga “Nusantara”.
“, yang akan berlangsung di La Boverie di Liège mulai 25 Oktober, akan fokus pada peran perintis yang dimainkan oleh Indonesia sebagai negara maritim dan pada pertukaran budaya yang telah dihasilkan.

Karena pertukaran budaya merupakan inti dari pemrograman Europalia, panitia ingat, puluhan musisi, penari dan koreografer dan seniman visual akan tinggal satu sama lain dan menciptakan karya orisinil.



Musik Indonesia dan gamelan Jawa yang terkenal, ansambel instrumental tradisional, akan memiliki tempat khusus.
Komposisi musisi New York Moondog akan dimainkan di atas gamelan yang dibangun khusus untuk kesempatan di bawah arahan Stefan Lakatos. Musik hip-hop, jazz dan elektronik juga tidak akan terlupakan.

Dalam hal seni pertunjukan, penekanannya akan pada tarian, yang sangat penting dalam budaya Indonesia karena memungkinkan individu dan masyarakat mencapai harmoni dan keseimbangan, seperti yang dijelaskan oleh Arco Renz, salah satu kurator.

Didirikan pada tahun 1969, festival Europalia diadakan setiap dua tahun dan merayakan warisan budaya sebuah negara tamu. Tahun ini, puluhan acara akan diselenggarakan di seluruh Belgia, tapi juga di Belanda, Prancis, Jerman, Polandia dan Inggris Raya.

“Europalia adalah platform strategis yang penting untuk Indonesia,” kata Yuri Thamrin, duta besar Indonesia untuk Brussels, saat presentasi program tersebut. “Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan keragaman dan modernitas negara ini.”

Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders juga menyoroti kemitraan yang berbeda antara Belgia dan negara Asia Tenggara, negara Muslim terbesar. Belgia adalah investor terbesar ke-5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *