Rumah Bagi Para Pelaut Indonesia di Uruguay Diresmikan

Rumah Pelaut Indonesia (RPI) ini berada di dekat pelabuhan di Uruguay dan dilengkapi fasilitas perkanto​ran, kamar mandi, dapur dan internet.

Uruguay – “Casa de los Marineros Indonesos” atau “Rumah Pelaut Indonesia” (RPI) diresmikan di Montevideo dalam rangka meningkatkan pelindungan negara bagi WNI khususnya Anak Buah Kapal (ABK) (03/03/2020).

“Pendirian RPI adalah upaya KBRI Buenos Aires dalam meningkatkan pelindungan WNI, khususnya Anak Buah Kapal atau ABK yang kerap kali mengalami kesulitan kekonsuleran maupun kemanusiaan seperti terlantar karena sakit dan sebagainya.” ujar Duta Besar Indonesia untuk Argentina, Paraguay dan Uruguay Niniek Kun Naryatie saat peresmian RPI.RPI ini menjadi penting karena pelabuhan Uruguay merupakan tempat berlabuh para kapal yang berbendera asing dan mempekerjakan pelaut dari seluruh Indonesia, termasuk ratusan pelaut Indonesia.

Para pelaut Indonesia dapat mengunjungi RPI dan memanfaatkan fasilitas-fasilitasnya. “Pelaut Indonesia bisa merasa seperti rumah sendiri walaupun berada 15 ribu kilometer jauhnya dari Tanah Air,” lanjut Duta Besar Niniek.Nantinya RPI ini akan berfungsi untuk melayani pergantian paspor dengan SIMKIN, lapor diri, dan urusan kekonsuleran lainnya bagi WNI. Keberadaan RPI juga dapat memudahkan sosialisasi dari KBRI Buenos Aires kepada ABK Indonesia di Montevideo. RPI ini berada di Cerrito Street N° 517 7th Floor, Montevideo, Uruguay.

Sumber KBRI Buenos Aires

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *