Tertahan 2 Bulan di India Puluhan WNI akhirnya Kembali ke Indonesia

KBRI New Delhi telah memfasilitasi repatriasi sebagian WNI terlantar di India akibat pemberlakuan lockdown. Pelaksanaan repatriasi yang dilakukan sejak tanggal 18 hingga 20 Mei 2020 pagi dan berlangsung dengan lancar tanpa suatu hambatan yang berarti.

Para WNI itu sempat tertahan keberadaannya di India selama dua bulan karena negara itu menerbitkan dan melaksanakan kebijakan penutupan wilayah untuk melawan pandemi Covid-19.

Penerbangan khusus dengan maskapai Air India dengan kode penerbangan AI 13081 diberangkatkan dari embarkasi Indira Gandhi International Airport (IGIA) pada pukul 06.31 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu sore. Total penumpang sebanyak 73 orang yang terdiri dari 59 WNI, 13 WN India, dan 1 WN Rusia. 

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi, menerangkan para WNI itu terdiri dari beberapa kelompok. Sebanyak 38 orang di antaranya pelancong, 10 mahasiswa, 3 pelatih bulu tangkis, dan 7 orang profesional.

Setibanya di Jakarta, pesawat Air India akan merepatriasi WN India dari Indonesia ke India. Program repatriasi mandiri dari India ini adalah yang perdana dilakukan sejak diberlakukanya kebijakan penutupan wilayah pertama kali oleh Pemerintah India pada 24 Maret 2020 lalu.

Sumber : KBRI New Delhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *