Para WNI di Yordania Lebaran di Rumah Saja

Adanya larangan keluar rumah di Yordania akibat pendemi pemerintah Yordania memutuskan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441H untuk dilaksanakan di rumah masing-masing.

Suasana perayaan lebaran tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang penuh dengan kemeriahan, jabat tangan dan berpelukan, bahkan dengan acara makan-makan dan hiburan. Namun di tengah “kenormalan baru”, lebaran tahun ini tetap dirayakan tanpa kehilangan maknanya.

KBRI Amman bekerjasama dengan Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Yordania mengadakan acara “Khutbat Idul Fitri dan Halal bi Halal Online” bertema “Merangkai Kebersamaan di Hari Kemenangan” (24/05/2020). Acara silaturahmi daring ini diikuti oleh wakil masyarakat diaspora Indonesia di Yordania yang tersebar di sejumlah kota, yaitu Amman, Irbid, Mu’tah dan Aqaba. Setelah mengikuti khutbah Idul Fitri, perwakilan dari simpul WNI yang terdiri dari pekerja migran, mahasiswa dan ekspatriat, menyampaikan ucapan saling memaafkan dan selamat Idul Fitri.

“Di tengah pandemi dan “kenormalan baru”, meskipun melalui sarana virtual, masyarakat diaspora WNI masih dapat merayakan rangkaian Idul Fitri tahun ini tanpa kehilangan makna. Semoga ini menjadi ibadah bagi kita semua!,” tegas Duta Besar Indonesia untuk Yordania, Andy Rachmianto.

Selama bulan Ramadhan tahun ini, KBRI Amman bekerjasama dengan HPMI, PCINU, PCIM dan DWP telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan online, yaitu Pengajian Mingguan, Kuliah Ramadhan, Lomba Dakwah, Lomba MTQ, Seleksi Temus, Diskusi dan Webinar. Di luar kegiatan online, sebagai bagian dari upaya pelayanan dan pelindungan WNI, KBRI Amman juga telah membagikan lebih dari 1300 paket bantuan medis, sembako dan juga BLT kepada para WNI yang terdampak oleh COVID-19.

Sumber: KBRI Amman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *