Dapatkan Gaji Setengah Milyar Setelah 15 Tahun Hilang

Tarwiyah (nama samaran), seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Barat yang telah 15 tahun hilang kontak dengan keluarganya, berhasil ditemukan oleh KBRI Riyadh pada 14 September 2020.

Jangankan pulang ke kampung halaman, Tarwiyah sejak pergi meninggalkan rumahnya untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga di kota Riyadh pada tahun 2005 sama sekali tidak pernah terhubung dan berkomunikasi dengan keluarganya.

Saat ditemukan oleh KBRI di rumah majikannya yang berasal dari keluarga Al-Rashidi di daerah Al-Jazirah, Riyadh, Tarwiyah pada mulanya sempat sulit diajak bicara. Menurut majikan, Tarwiyah diketahui sejak 5 bulan terakhir diketahui sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Namun pendekatan persuasif yang dilakukan oleh Tim KBRI akhirnya membuat Tarwiyah mau menceritakan banyak hal tentang dirinya dan mengajaknya untuk tinggal sementara waktu di shelter / rumah singgah sementara milik KBRI Riyadh (Ruhama) sambil menunggu proses kepulangan ke Indonesia.

Berbekal hasil obrolan dengan Tarwiyah, KBRI bekerja sama dengan jajaran Kepolisian dan Kepala Desa di daerah asalnya di Provinsi Jawa Barat akhirnya berhasil mendapatkan data keluarga yang bersangkutan.

Dari majikan, KBRI berhasil mengamankan gaji Tarwiyah sebesar SAR 143.200. Dengan kurs SAR 1 = Rp. 3800 besaran gaji yang berhasil diselamatkan berjumlah sekitar Rp. 544 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *