Kajian Islam Bersama Imam Shamsi Ali dan KJRI Frankfurt Menyambut Ramadan

Frankfurt, Jerman (08/04) – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCIM) se-Eropa, PCIM Jerman Raya, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul  Ulama (PCI NU) Jerman, Masjid Indonesia Frankfurt dan Nusantara Foundation telah menyelenggarakan Pengajian Online dengan tema Persiapan Ramadhan dan Perkembangan Dakwah di Negara Barat di tengah Pandemi pada 7 April 2021. Narasumber pada pengajian online ini adalah Ustadz Dr. Shamsi Ali atau yang lebih dikenal dengan Imam Shamsi Ali, Ketua Dewan Pembina Yayasan Nusantara Foundation.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Acep Somantri, menyampaikan apresiasi kepada Imam Shamsi Ali atas kesediaannya berbagi ilmu dengan masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt di tengah kesibukan beliau sebagai pendakwah di berbagai majelis dan pengajian di Amerika Serikat. Sehubungan dengan bulan Ramadhan yang akan segera tiba, Konsul Jenderal RI menyatakan kesiapannya untuk mendukung berbagai kegiatan Ramadhan yang diselenggarakan oleh masyarakat Indonesia di wilayah kerja. ‘’Saya siap untuk melakukan Safari Ramadhan ke berbagai kota untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia pada bulan Ramadhan nanti. Tentunya jika situasi sudah memungkinkan dan dengan menerapkan protokol kesehatan,‘‘ kata Konsul Jenderal RI.

Imam Shamsi Ali mengangkat isu pandemi yang sedang terjadi saat ini. Sebagaimana diketahui bersama, kasus COVID-19 di Amerika Serikat merupakan yang terparah di dunia dengan korban meninggal yang telah mencapai lebih dari 500.000 jiwa. Hal ini membuat banyak orang mengalami depresi dan penyakit mental lainnya sampai menyebabkan bunuh diri. Imam Shamsi Ali mengajak umat Muslim untuk menjadikan puasa pada bulan Ramadhan nanti sebagai sarana untuk menghubungkan diri dengan Allah SWT. Jadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk spiritual transformation, bertransformasi menjadi manusia yang lebih baik. Namun, ketika bulan Ramadhan telah usai jangan sampai kita kembali kepada kehidupan yang undesirable atau yang tidak diridhai oleh Allah SWT. Inshaallah jika hati dan pikiran kita terhubung dengan Allah SWT melalui puasa dan ibadah di bulan Ramadhan nanti, kita akan memiliki motivasi hidup yang luar biasa dan bisa menghadapi tekanan dari pandemi yang sedang terjadi.

Di dalam Pengajian Online kali ini juga disampaikan mengenai rencana pembangunan pondok pesantren pertama di Amerika Serikat yang diberi nama Pondok Pensantren Nur Inka Nusantara Madani yang dimotori oleh Nusantara Foundation. Pondok pesantren ini akan menjadi pusat pendidikan dan pembinaan agama Islam serta menjadi ikon bagi pengenalan bumi Nusantara di Amerika Serikat dan dunia Barat. Informasi lengkap mengenai Nusantara Foundation dan Donasi bagi pembangunan Pondok Pesantren dapat dilihat pada situs: nusantarafoundation.org/donasi.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak  di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumlah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.305 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *