Kolaborasi Pertunjukan Budaya Indonesia-Kroasia dalam Pertunjukan Budaya ‘Art In Balance’

Pagelaran budaya ‘Art in Balance’ persembahan KBRI Zagreb bekerja sama dengan UPSET dan Rezolucija tampilkan kolaborasi masyarakat Indonesia dan Kroasia melalui ekspresi seni: tari, musik dan pakaian tradisional (03/04/2021). Berbagai kelompok seni menampilkan pertunjukan yang indah dalam rangka pertukaran budaya dan merayakan keragaman ekspresi seni tradisional dan kontemporer. 

Pusat Kebudayaan Indonesia di Zagreb mengajak penonton untuk mengikuti gerakan indah tari Topeng dan Yapong yang dibawakan oleh group tari ‘Sanggar Merah Putih’ dan line dancing dari ‘Tim Syantik’ serta alunan musik gamelan yang dibawakan oleh group ‘Jaman Suara Gamelan Ensemble’. Musik, lagu dan tarian tradisional Kroasia dibawakan oleh Zwizde, group vokal wanita berbasis di Zagreb yang fokus pada pengembangan musik tradisional dari Slavonia, Baranja, Srijem, Bačka dan Bosanska Posavina. 

Pagelaran busana Kroasia dan Indonesia juga ditampilkan dalam acara yang diselenggarakan secara daring ini ini. Zwizde mempersembahkan ragam kostum tradisional dari bagian timur Kroasia yang penuh warna, tekstur dan detail. Sementara Batik, sebagai teknik melukis kain tradisional dari Indonesia, ditampilkan melalui koleksi batik Sigar dari provinsi Lampung di pulau Sumatera. Koleksi Batik tersebut dirancang oleh Laila Al Khusna atau yang dikenal dengan Ibu Una.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *