Mahasiswa Indonesia Isi Liburan Musim Semi dengan PPI Games

KBRI Tunis bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Tunisia menyelenggarakan PPI Games Tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 – 27 Maret 2021 di Tunis. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan masyarakat kelompok mahasiswa Indonesia di negara akreditasi Tunisia untuk mengisi liburan Musim Semi. Pertandingan PPI Games tahun 2021 mempertandingkan empat kategori yaitu: Catur dan Mobile Legends yang dilakukan secara online serta dua pertandingan akan dilakukan secara langsung yaitu lomba Olah Rasa dan Debat Bahasa Indonesia.

Kegiatan olahraga tersebut dibuka pada tanggal 20 Maret 2021 secara online melalui aplikasi Zoom oleh Dubes RI Tunis Ikrar Nusa Bhakti yang dihadiri oleh Home Staff, Lokal Staf, dan sekitar 40 anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI Tunisia) dan WNI di Tunisia. Pada kesempatan pembukaan acara tersebut, Dubes RI Tunis menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan olahraga PPI Games Tunisia tahun 2021 meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan mengharapkan kegiatan tetap mengedepankan semangat persaudaraan dan sportifitas dalam bertanding.

Pembuka pertandingan pada PPI Games tahun ini dimulai pada 20 Maret 2021 dengan lomba Mobile Legend dengan Debat Bahasa Indonesia. Pada lomba Mobile Legend diikuti oleh 30 peserta yang dibagi ke dalam 6 tim dengan sistem semi kualifikasi dimana semua tim bertemu dengan tim lainnya. Sementara pertandingan Debat Bahasa Indonesia dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil terdiri dari 3 orang dengan materi-materi yang dibahas diluar materi keagamaan seperti teknik, sosial kemasyarakat yang membutuhkan analisa dan data faktual.

Pada pertandingan catur dilaksanakan secara perorangan yang diikuti oleh peserta dengan jumlah mencapai 30 orang lebih. Untuk pertandingan kuliner olahrasa yang diselenggarakan pada 26 Maret 2021, para peserta dibatasi menjadi 5 kelompok yang diharuskan mempresentasikan masakan nusantara terbaik dengan racikan bumbu yang telah disediakan oleh panitia.

Bertindak sebagai juri pada pertandingan kuliner Olahrasa tersebut adalah Dubes RI Tunis, Ketua PPI Zaenal Abidin dan perwakilan WNI Sdr. Irianti Anggun Ciptaningsih. Acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba pada 27 Maret 2021.

Penyelenggaraan kegiatan PPI Games tahun 2021 telah berlangsung dengan baik dan lancar di tengah kondisi pandemi Covid-19 global di semua negara di dunia termasuk Tunisia. Diharapkan dengan terselenggaranya acara tersebut terjalin kerja sama dan kekompakan secara tim dan pembelajaran non akademik bagi para mahasiswa Persatuan Pelajar Indonesia di Tunisia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *