Kerjasama Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) Dengan KBRI Rabat

Pada tgl. 27 Mei 2021 di KBRI Rabat telah dilaksanakan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat – Maroko.

Acara ini dilaksanakan melalui virtual dan proses penanda tanganan tersebut dilakukan oleh Drs. H. Hasrul Azwar MM, Duta Besar RI Untuk Kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania dengan Prof. Dr. Fathur Rohkman, M. Hum, Rektor Universitas Negeri Semarang – Jawa Tengah. Sebelum acara dimulai seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagi Indonesia Raya.

Dalam sambutannya Dubes RI menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan diplomasi Indonesia dan Maroko. Hubungan Diplomatik Indonesia – Maroko telah berlangsung lama. Diawali dengan kunjungan Presiden Soekarno ke Rabat di tahun 1960, sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Maroko yang baru merdeka di tahun 1956. Hubungan diplomatik yang telah terjalin antara kedua bangsa ini kiranya perlu dipererat dengan adanya kerjasama di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, termasuk di dalamnya bidang pendidikan.

Bidang sosial budaya khususnya pendidikan menjadi bagian penting dalam konteks kerjasama antar bangsa mengingat bidang ini menjadi bagian dalam pelaksanaan diplomasi dalam arti luas . Bidang sosial budaya ini sangat cair dan dapat menembus hambatan-hambatan di bidang politik dan ekonomi yang sering kali dibatasi oleh aturan-aturan formal. Terlebih di zaman millennial ini berbagai media sosial dapat menjadi media taaruf antar negara dan sumber informasi tentang suatu negara.

KBRI Rabat saat ini berusaha meningkatkan Kerjasama di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya. Sebagai pelaku first track diplomacy, KBRI Rabat tentunya sering menemui tantangan dan hambatan yang memerlukan saluran-saluran yang dapat menjembatani kepentingan kedua negara Oleh karena itu diperlukan trek diplomasi lain yang dapat mendukung diplomasi RI di Maroko dan Mauritania. Bidang Kerjasama Pendidikan kiranya dapat menjadi kanal lain dalam pelaksanaan diplomasi

Oleh karena itu kerjasama antara KBRI Rabat dan Universitas Negeri Semarang yang dituangkan dalam MOU menjadi sangat penting dalam mendukung pelaksanaan Diplomasi Indonesia di Maroko dan Mauritania. Universitas Negeri Semarang mempunyai SDM yang mumpuni di berbagai aspek pendidikan, yang dapat mendukung pelaksanaan diplomasi Indonesia oleh KBRI Rabat.

Sebaliknya KBRI dapat menjadi mitra bagi UNNES dalam mengembangkan Kerjasama Pendidikan internasional khususnya dengan Maroko seperti pertukaran mahasiswa maupun dosen. KBRI sudah mengidentifikasi ada 5 universitas yang potensial dapat menjalin Kerjasama Pendidikan dengan UNNES. Seperti diketahui Maroko merupakan negara yang relative maju di benua afrika khususnya Afrika Utara. Peranannya dalam dunia politik, ekonomi dan Pendidikan di Afrika diakui oleh negara-negara di Afrika.

Harapan kita semua dengan penandatanganan MOU ini, KBRI dengan dukungan dari UNNES dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama di berbagai bidang antara Indonesia dengan Maroko. Demikian juga halnya UNNES dapat mengembangkan diri dan memperbanyak jejaringnya di dunia pendidikan khususnya di Maroko dan Mauritania. KBRI bersama dengan UNNES mempromosikan Indonesia di pentas Internasional

MoU ini menitik beratkan kepada kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia. Pada acara virtual penanda tanganan Mou ini dihadiri oleh Staf KBRI Rabat dan dosen UNNES.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *