Gebyar Kemerdekaan Kreativitas dan Inovasi Anak Negeri di Prancis

Bulan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum yang tepat untuk menggaungkan kreativitas dan inovasi bangsa Indonesia di jantung kota Paris. Dengan semangat ini serangkaian kegiatan yang dilaksanakan KBRI Paris untuk merayakan hari kemerdekaan RI ke-76, dilakukan tidak saja dengan kehadiran fisik ataupun secara online, tapi juga secara hybrid.

Bagi ribuan masyarakat Indonesia di Prancis, bulan kemerdekaan di tengah pandemi ini tidak berkurang keseruaannya. Untuk memeriahkan perayaan bulan kemerdekaan, berbagai kegiatan dan lomba, termasuk secara fisik, online maupun secara hybrid diselenggarakan oleh KBRI Paris bagi para WNI yang menetap di Prancis.

Jika sebelum Pandemi, perlombaan tradisional seperti makan kerupuk atau balap karung dapat dilaksanakan, saat ini dengan masih adanya COVID-19, berbagai lomba dilakukan secara online dan hybrid oleh KBRI Paris. Lomba seperti video kreatif menyanyikan lagu nasional dan lomba video kreatif membaca puisi karangan sendiri, menjadi ajang menunjukkan kebolehan dan bakat para WNI yang ada Prancis. Tidak kalah seru adalah lomba menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia untuk warga Prancis. Perlombaan ini dilaksanakan agar warga Prancis lebih semangat belajar bahasa Indonesia di KBRI Paris.

Berbagai games dan olah raga juga dilaksanakan secara online seperti domino, catur dan kahoot juga diserbu warga digital Indonesia di Prancis. Perlombaan dan Games Online merupakan bukti kedekatan anak negeri dengan inovasi dan teknologi, yang tetap bisa melakukan perlombaan walaupun tetap menjaga jarak.

Tidak hanya di ruang digital, lomba peringatan HUT RI di Prancis juga mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap sehat dengan berolah raga berlari yang dilakukan secara hybrid. Dengan menggunakan aplikasi Strava untuk membentuk angka 76 sesuai dengan tahun peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat Indonesia di Prancis secara individu berlari di berbagai kota sedikitnya 2 km untuk membentuk angka 76.

Puncak perayaan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diikuti ratusan masyarakat Indonesia di seluruh penjuru Prancis secara hybrid. Acara ini dilaksanakan secara fisik di Wisma Duta Indonesia di Paris dengan jumlah peserta 30% dari kapasitas tampung. Masyarakat Indonesia di seluruh Prancis dapat mengikuti jalannya upacara melalui Zoom atau melalui akun instagram dan youtube KBRI Paris @indonesiainparis.

Adapun perwakilan asosiasi masyarakat Indonesia di Prancis dan Purnabakti KBRI Paris yang hadir secara fisik wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Masing-masing peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (atau health pass lainnya), mengenakan masker selama berada di lokasi upacara dan menjaga jarak aman dengan peserta lainnya, sesuai ketentuan Pemerintah Prancis. Setelah upacara, juga dilakukan games secara hybrid yang dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba secara online oleh Dubes RI Paris.

“Made in Indonesia” dan penjualan kaos eksklusif untuk memperingati 76 tahun Indonesia merdeka, juga terus meramaikan toko konsep Merci di Paris pada hari perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Selama satu bulan penuh berbagai produk kreatif Indonesia mengisi saung-saung dan rak toko Merci di Paris dalam promosi bertajuk “Merci Beyond Bali”. Hadirnya produk Indonesia di Merci menunjukan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia yang tangguh terus berkarya, untuk tumbuh dan pulih dari dampak pandemi.

Untuk mempringati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus, toko Merci meluncurkan kaos dengan design khusus yang dijual secara eksklusif dan terbatas. Design kaos ini juga menampilkan logo semangat peringatan 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang dikombinasikan dengan dengan nuansa summer di Paris.

Pelanggan toko Merci juga dibuat terkagum dengan hadirnya Duta Besar Republik Indonesia berpakaian adat Bali lengkap pada hari pertama peluncuran kaos peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia. Keindahan dan kemewahan baju adat Bali membuat para pelanggan semakin yakin atas sejarah panjang kemampuan kreatifitas masyarakat Indonesia.

Promosi aneka produk kreatif Indonesia yang bertuliskan “Made in Indonesia” dari 28 brands yang didatangkan langsung ke Merci concept store, telah berlangsung sejak 23 Juli 2021 hingga 22 Agustus 2021. Promosi “Merci Beyond Bali” tidak saja bertujuan untuk mempromosikan produk kreatif Indonesia, namun juga membawa pengalaman mengunjungi Indonesia ke Paris. Kegiatan ini banyak mendapat perhatian dan apresiasi masyarakat Paris.

Promosi “Merci Beyond Bali” merupakan contoh bahwa produk hasil kreasi Indonesia termasuk hasil karya UMKM dapat tembus pasar Prancis. Hal ini telah terlihat dari lakunya sejumlah produk yang sudah habis terjual di awal promosi, sehingga toko Merci akan melakukan re-order untuk beberapa produk. Larisnya berbagai produk kreatif Indonesia di Toko Merci, memberikan kepercayaan dan membuka peluang kepada produk kreatif lain dari Indonesia untuk masuk ke toko Merci dan juga ke pasar prancis, termasuk di penjualan melalui platform digital.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes.

Berbagai kegiatan perlombaan dalam rangka merayakan 76 tahun Indonesia merdeka membuktikan keterbatasan akibat COVID-19 di Prancis tidak boleh menjadi halangan dalam berkreasi dan berinovasi. Dirgahayu Republik Indonesia. Berjayalah terus Indonesia. Bergemalah selalu nama mu di seluruh penjuru dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *