Tari Jaipong Hingga Pakarena Semarakkan Kegiatan Masyakarat Indonesia Di Kota Toulouse.

Sebanyak kurang lebih 80 peserta hadir yang terdiri dari diaspora yang sebagiannya juga datang bersama pasangan warga negara Prancis dan pelajar Indonesia yang berada di kota Toulouse dan sekitarnya. Pembina masyarakat Indonesia ini dalam rangka semangat Hari Pahlawan tahun yang diadakan oleh Konsulat Jenderal RI Marseille (14/11/2021).

Kegiatan pembinaan di kota Toulouse diisi dengan Seminar Kebangsaan, perkenalan asosiasi Indonesia, serta penampilan seni dan budaya oleh diaspora dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Toulouse. Selain itu diselenggarakan layanan kekonsuleran oleh Fungsi Konsuler KJRI Marseille bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan perpanjangan paspor dan layanan kekonsuleran lainnya.

Sebagai pembicara pada Seminar Kebangsaan adalah Atase Udara KBRI Paris, Kolonel Pnb Nur Alimi. Sedangkan asosiasi yang berpartisipasi diantaranya Association les Amis de l’Indonésie (AAI), Kirana Budaya, Enfance Sumatera, dan Anak Bali yang didirikan oleh warga negara Prancis atas dasar kepedulian terhadap anak-anak di Bali.

Acara menjadi sangat meriah ketika para diaspora Indonesia menunjukkan kemahiran mereka membawakan tarian tradisional Indonesia seperti Tari Pakarena, Tari Jaipong, Tari Puspanjali, Tari Yapong, Tari Wonderland Indonesia, penampilan lipsynch lagu Zapin, serta penampilan musik dari PPI.

Selain menjadi ajang silaturahmi dan saling mengenal antar sesama saudara setanah air, kegiatan ini merupakan wahana untuk semakin menguatkan semangat nasionalisme bagi seluruh diaspora yang berada jauh dari tanah air. Meskipun berjarak jauh dan telah lama meninggalkan Indonesia, bukan berarti rasa cinta terhadap tanah air akan luntur begitu saja.

Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh asosiasi-asosiasi Indonesia di luar negeri bagi keberlangsungan pendidikan anak-anak di Indonesia, pemberian bantuan sosial, serta promosi seni dan budaya Indonesia di luar negeri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *