KBRI Tokyo Gelar Idul Fitri 1443 H, dengan Sederhana dan Taat Prokes

Kedutaan Besar RI di Tokyo bersama dengan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Jepang menggelar salat Idul Fitri 1443 H berjamaah di masjid Indonesia Tokyo.

Salat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) ini terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan KMII,  Senin.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Tokyo Tri Purnajaya dalam sambutan pembuka jelang pelaksanaan salat Idul Fitri menjelaskan bahwa salat kali ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah, KBRI Tokyo bekerja sama dengan KMII Jepang telah menyelenggarakan salat Idul Fitri dengan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Tri, menurut keterangan tertulis dari presse realese KBRI Tokyo.

“Meski demikian, sesuai instruksi Bapak Presiden (Joko Widodo), tahun ini KBRI Tokyo tidak menyelenggarakan open house,” ujarnya. Namun KBRI Tokyo tetap memberikan bungkusan lebaran kepada masyarakat Indonesia yang datang.

Ketua Panitia Ramadhan dan Idul Fitri 1443H Muhammad Zahrul Muttaqin meyakini bahwa kegiatan bersama Ramadan dan Idulfitri akan menambah kekompakan masyarakat Indonesia di Jepang.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, baik dari KBRI Tokyo maupun KMII Jepang, alhamdulillah kegiatan terlaksana dengan tertib dan kompak,” ujar Zahrul.

Sementara itu Ketua KMII Jepang Aziz Muhammad mengatakan pelaksanaan salat Idul Fitri berjamaah itu menjadi momen kebersamaan untuk kembali menjadi fitrah setelah sebulan berpuasa.

Lebih kurang 1.500 orang mengikuti salat Idul Fitri dalam tiga gelombang.Hal itu dilakukan mengingat kapasitas yang terbatas di masjid dan lingkungan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Pihak panitia melakukan pengecekan suhu tubuh dan meminta para peserta salat untuk memakai desinfektan pembersih tangan sebelum pelaksanaan salat. Peserta salat juga diminta menjaga ketertiban dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelumnya, sepanjang bulan Ramadan 1443H, KBRI Tokyo dan KMII Jepang menyelenggarakan rangkaian kegiatan di antaranya salat tarawih bersama, pesantren kilat, tabligh akbar dan kajian-kajian keagamaan.

2 tanggapan untuk “KBRI Tokyo Gelar Idul Fitri 1443 H, dengan Sederhana dan Taat Prokes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *