Sukseskan B20 Summit Di Indonesia, Ketua KADIN Mengundang Perusahaan Jerman

Sebagai bagian dari upaya menyukseskan penyelenggaraan B20 Summit di Bali, Indonesia, pada tanggal 13-14 November 2022, Ketua KADIN, M. Arsjad Rasjid P.M, beserta delegasi telah melakukan rangkaian kegiatan B20 Roadshow di Frankfurt, Jerman, pada tanggal 2-3 Juni 2022. Roadshow yang mengangkat tema utama Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth between Indonesia and Germany diselenggarakan oleh KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt dan didukung oleh Kreditanstalt für Wiederaufbau (KfW) dan Deutscher Industrie- und Handelskammertag e.V. (DIHK).

Pada pertemuan forum bisnis tanggal 2 Juni 2022, Ketua KADIN menggarisbawahi peran penting Indonesia sebagai ketua G20 pada 2022 dan ASEAN pada 2023 dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi global pasca pandemi Covid-19. Peranan dimaksud semakin relevan dengan masih berlangsungnya konflik Rusia – Ukraina yang menyebabkan inflasi sebagai akibat kenaikan harga komoditas dan energi. Namun demikian, kemitraan yang erat antara Indonesia dan Jerman di bidang ekonomi, utamanya investasi, kiranya dapat memberikan solusi dalam menghadapi tantangan dimaksud serta percepatan pencapaian net zero emission target kedua negara secara lebih lanjut. Hal ini mengingat Indonesia memiliki sumber daya yang sangat dibutuhkan industri dan teknologi Jerman. Dengan demikian, Indonesia semakin terintegrasi dalam global supply chain melalui produk dan jasa yang kompetitif.

Dalam pertemuan yang sama, Duta Besar RI untuk Jerman, Dubes Arif Havas Oegroseno, menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia – Jerman telah direfleksikan sejak pertukaran doktor Jerman ke Indonesia dan perdagangan tembakau dengan Jerman. Selain itu, posisi strategis kedua negara di Kawasan, baik Indonesia di ASEAN dan Jerman di UE, juga perlu untuk dimaksimalkan dalam mendukung kerja sama ekonomi yang lebih luas.

Lebih lanjut, Konjen RI Frankfurt, Acep Somantri, menyampaikan bahwa momentum Presidensi Indonesia pada G20 sangat tepat mengingat tahun ini juga merupakan peringatan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jerman. Selain itu, wilayah kerja KJRI Frankfurt yang terdiri dari 6 negara bagian di wilayah tengah, selatan dan barat Jerman merupakan tulang punggung perekonomian Jerman yang mencakup lebih dari 60% GDP negara tersebut. Secara umum, karakteristik industri Jerman di wilayah kerja KJRI Frankfurt juga sejalan dengan fokus utama agenda pembangunan ekonomi nasional saat ini yang juga merupakan prioritas Presidensi Indonesia pada G20.

Kegiatan forum bisnis B20 Roadshow di Frankfurt diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang terdiri dari perwakilan berbagai perusahaan Jerman yang, antara lain, bergerak di sektor energi terbaharukan, otomotif, industri kesehatan. Keterlibatan perusahaan Jerman dimaksud sejalan dengan fokus utama Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022, yakni transformasi digital, penguatan arsitektur kesehatan global, dan transisi energi. Selain itu, Ketua KADIN dan didampingi oleh Dubes RI Berlin dan Konjen RI Frankfurt juga melakukan berbagai pertemuan dengan CEO Hessen Trade & Invest GmbH, perwakilan Deutsche Bank, serta beberapa pertemuan dengan perusahaan Jerman, seperti Siemens dan Merck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *