Seniman Kontemporer Eko Nugroho Kembali Memamerkan Karyanya di Paris

Di Galerie Danysz Paris-Marais pameran tunggal Eko Nugroho dengan judul “Heads Full of Empty Views” dari 15 Oktober hingga 26 November 2022 dipersembahkan.

Seniman Indonesia kontemporer ternama internasional yang menginvestasikan ruang Museum of Modern Art di Paris pada 2012, akhirnya kembali di Prancis dan mengundang kita untuk menemukan semua kekayaan dan jangkauan seninya melalui pertunjukan tunggal besar ini, yang membawa kita ke alam semesta surealis, grafis yang tegas dan tajam, dengan karya-karyanya yang cerah dan hidup yang menyampaikan energi optimis tanpa batas.

Pameran “Heads Full of Empty Views” terdiri dari lukisan dan sulaman baru yang terinspirasi secara visual dan konseptual oleh totem penduduk asli Amerika, simbol dan lambang spiritual yang mewakili sekelompok orang, keluarga, atau suku.

Kepala hewan atau tokoh mitos yang diukir terutama secara vertikal pada tiang untuk menandakan garis keturunan, hierarki, atau penjajaran makna, diekstrapolasi oleh Nugroho sebagai gambaran universal kepala manusia yang tumpang tindih.

Korelasi dengan kepala vertikal menunjukkan hilangnya hubungan spiritual dengan alam dan diri kita sendiri, sementara kepala manusia menjadi perwujudan rasionalitas dengan pikiran yang dianggap suci dan di atas segalanya. Satu-satunya hal yang diyakini manusia di dunia modern adalah intelek, yang ditempatkan pada tingkat pencapaian dan kekuatan tertinggi.

Satu tanggapan untuk “Seniman Kontemporer Eko Nugroho Kembali Memamerkan Karyanya di Paris

  • 29 November 2022 pada 19 h 49 min
    Permalink

    Ikut bangga

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *