Les Saveurs de l’Archipel Kenalkan Kuliner dan Rempah Indonesia di Marseille

Dalam rangka mendukung kampanye Indonesia Spice Up the World, KJRI Marseille telah mengadakan kegiatan bertajuk ‘Les Saveurs de l’Archipel’ pada 27 November 2022 bertempat di Aula KJRI Marseille. 

Dalam sambutannya, Konjen RI Marseille, Arief Basalamah mengharapkan agar kekayaan kuliner dan rempah Indonesia bisa dinikmati lebih luas lagi. ‘Walaupun kuliner Indonesia bila dibandingkan dengan kuliner khas negara lain masih terbatas jangkauannya, namun kenikmatannya telah diakui secara global,’ pungkas Konjen RI di hadapan undangan yang terdiri dari kalangan Korps Konsuler dan pengusaha setempat.

Masakan Indonesia yang disajikan yaitu gado-gado dan soto sebagai menu pembuka serta dilanjutkan sepiring nasi goreng lengkap dengan sate dan rendang sebagai makanan utama. Penyajian ini diatur secara khusus demi mengadaptasi kebiasaan kuliner setempat yang berbeda dengan kebiasaan di Indonesia.

Di sela-sela jamuan, para undangan juga mendapat penjelasan lebih tentang keunikan kuliner, rempah hingga pariwisata di Indonesia. Sebelumnya, kegiatan ini juga diperkaya dengan sharing catatan perjalanan Jacques Couillerot, mantan diplomat Prancis yang pernah ditempatkan Irak, Vietnam dan Indonesia. Pengalamannya mengunjungi Kepulauan Maluku memantik minatnya untuk lebih mengenal Indonesia melalui sejarah jalur rempah. 

Saat ini di Prancis Selatan terdapat sejumlah restoran yang menyajikan masakan Indonesia, baik yang dikelola oleh diaspora Indonesia maupun warga setempat. Adapun produk maupun rempah-rempah Indonesia penetrasi pasarnya masih potensial dan diharapkan dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *