KBRI Kairo Lakukan Pembinaan Terhadap Importir Potensial

Duta Besar RI didampingi Atase Perdagangan dan Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Kairo (3/1) menyambangi kedai kopi Beyt El Bon milik Haggag Co. yang berlokasi di kawasan Nasr City, Cairo. Dalam kegiatan yang dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik dan membina para importir produk-produk Indonesia asal Mesir tersebut, Duta Besar Lutfi Rauf menyampaikan apresiasi kepada para importir atas dedikasinya melakukan kegiatan importasi produk kopi robusta Indonesia ke Mesir selama lebih dari 20 tahun.Diharapkan keragaman industri kopi di Mesir juga dapat mendorong peningkatan komoditi ekspor Indonesia lainnya, seperti rempah-rempah, coklat, dan lainnya.

Di sisi lain, Hassan Sayed Haggag, CEO Haggag Import & Export Co. menyampaikan apresiasi kepada KBRI Kairo atas bantuan dan pendampingannya selama ini sehingga proses importasi kopi asal Indonesia dapat berjalan lancar.Setidaknya ada 3 (tiga) perusahaan Mesir yang tergabung dalam Egyptian Coffee Companies, yaitu Haggag Co, Knoz El Bon, dan El Nada Co. yang sudah berkomitmen pada TEI 2022 lalu untuk melakukan importasi biji kopi dari Indonesia sebanyak 50 kontainer dan akan direalisasikan pada awal 2023 ini.

Menurut data Badan Statistik BPS Mesir (CAPMAS), ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada 2022 meningkat sekitar 32,78% dari tahun sebelumnya dan kopi Indonesia dapat mendominasi pasar Mesir sebesar 46,88%.

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto berpesan kepada para eksportir Indonesia agar tetap memperhatikan aspek jaminan mutu produk dan dapat benar-benar sesuai dengan permintaan buyer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *