KJRI Frankfurt Gelar Pesta Anak, Pupuk Generasi Emas Masa Depan Bangsa

KJRI Frankfurt menyelenggarakan Pesta Anak 2023 pada hari Sabtu (22/07) di Wisma Indonesia, Frankfurt am Main. Pesta Anak tahun ini bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Frankfurt, Merpati e.V., Masyarakat Indonesia di Jerman (MasInJer) dan Wortschatz Book Club.

Layaknya tahun lalu, KJRI Frankfurt menyelenggarakan Pesta Anak 2023 sebagai momentum perayaan Hari Anak Nasional. Tema yang diangkat masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai motivasi untuk mendorong langsung peran serta masyarakat, perorangan maupun lembaga guna memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis yang memerlukan perlindungan untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangannya,” demikian disampaikan Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri, dalam sambutan pembuka.

Lebih lanjut, Konjen RI Frankfurt berharap organisasi masyarakat di wilayah kerja dapat mendukung program pembinaan bagi anak-anak yang sekarang mencapai 30% dari total populasi di Indonesia. Disampaikan bahwa KJRI Frankfurt telah menginisiasi program Kursus Kebangsaan untuk anak-anak Indonesia yang lahir dan besar di Jerman serta layanan kekonsuleran khusus untuk anak-anak dan remaja.

Pesta Anak 2023 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Kegiatan dimeriahkan oleh berbagai lomba yang diikuti oleh anak-anak di wilayah kerja KJRI Frankfurt, penampilan tari dari Frankfurt’s Girls Dance, sesi membaca bersama Wortschatz Book Club dan pengenalan literatur hasil karya Ni Luh Sriartini. Animo yang tinggi tercermin dari antusiasme anak-anak mengikuti lomba menyanyi, fashion show, balap kelereng, makan kerupuk dan musical chairs.

Di tengah peringatan Hari Anak Nasional 2023 digelar sesi mini talkshow “Kenali Gejala Dini Kanker Anak” dengan narasumber dari Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, dr. Anne Susanty, SpA(K), M.Kes dan dr. Primawita Oktarima A, SpM(K), M.Kes yang berbagi informasi mengenai deteksi gejala dini kanker pada anak dan langkah pencegahannya bagi para orang tua.

Yang tidak kalah menarik pada perayaan tahun ini adalah bazar yang menjajakan aneka ragam hidangan dan kudapan khas Nusantara serta minuman segar pelepas dahaga asli Indonesia. Tidak ketinggalan pula produk UMKM dan baju adat untuk anak-anak.

Lebih dari 60 anak-anak berpartisipasi dalam Pesta Anak 2023, dengan total pengunjung mencapai 200 orang. Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri bersama Ketua DWP KJRI Frankfurt turut menyajikan hidangan khusus gratis bagi anak-anak yang hadir berupa burger, hotdog, kentang goreng dan es krim yang disambut suka cita oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *