Minus Bazaar Masyarakat Tetap Antusias, Ini Kisah Pemilu Indonesia di Frankfurt

Catatan Aulia Hakim

Halo sobat surat dunia! 2024 ini jadi tahun yang pastinya tidak bakal dilupakan seumur hidup. Yes, pertama kalinya menjalani pemilihan umum atau pemilu di luar negeri. Apalagi bukan hanya sekedar jadi pemilih, tetapi juga sebagai panitia pemilu alias anggota PPLN Frankfurt periode 2023-2024.

Hari pencoblosan di Eropa bagian barat, termasuk Jerman sudah disepakati berlangsung serentak pada hari Sabtu 10 Februari 2024. Di Frankfurt, hari pemungutan suara berlokasi di gedung Klassikstadt yang beralamat di Orberstr. 4a Frankfurt am Main.

Saat hari H harus berangkat jam 5 pagi lantaran panitia kudu ngumpul jam 6.30. Jujur, hal ini benar-benar menguras energi. Di tambah lagi, lokasinya yang agak pinggiran kota bikin pegel ke sana. But, show must go on! Saya bekerja menangani media dan juga menjadi mediator pemilih sebelum ke TPS. 

Penyambutan pemilih seharusnya dimulai pukul 8 namun terjadi kendala teknis sehingga sedikit terlambat. Rupanya, hal ini tidak mengurangi antusiasme warga buat memilih. Kemudian, untuk mengantisipasi membludaknya massa, PPLN memberikan pembagian jam kedatangan.

Terus nih, untuk mencegah kerumunan dengan terpaksa panitia tidak membuat bazaar makanan Indonesia. Hiks, banyak yang kecewa sih. Namun ini adalah hal terbaik untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Untungnya cuaca cerah, jadinya masih banyak yang semangat datang nyoblos. Tua-muda sampai pemilih pemula, semua ada. Kira-kira ada 2000-an orang yang datang.

Sebelumnya, ada 11 ribuan warga Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Frankfurt, dapat memilih antara metode pos, atau mereka mencoblos langsung di TPSLN. Kemudian, saat berada di TPS, pemilih bisa menggunakan hak pilihnya di 5 buah Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri atau TPSLN dan juga 5 TPS POS.

Surat suara pos dikirim sejak 13 Januari 2024 kepada 7.147 pemilih daftar pemilih tetap (DPT) POS. Masyarakat diharapkan dapat segera mengembalikan amplop berisi surat suara paling lambat diterima panitia pada tanggal 14 Februari 2024.

Usai pemungutan, perhitungan surat suara akan dilaksanakan di Wisma Indonesia, Niederräder Landstraße 36, Frankfurt am Main. Perhitungan diselenggarakan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 setelah pemungutan suara di Tanah Air ditutup.

Oiya, warga Indonesia di luar Tanah Air memperoleh dua surat suara, presiden-wakil presiden dan DPR RI daerah pemilihan DKI Jakarta II. Jadi, meskipun saat di Tanah Air saya tinggal di Banten, tetep pilihnya dapil tersebut. Hal ini sudah ada aturan hukumnya.

Sejak Februari 2023, PPLN Frankfurt bekerja mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan umum untuk masyarakat Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Frankfurt, meliputi 6 (enam) Bundesland di wilayah selatan Jerman, antara lain Hessen, Bayern, Saarland, Rheinland-Pfalz, Baden-Württemberg dan Nordrhein-Westfalen. Dari 15.000-an data masyarakat Indonesia di wilayah KJRI Frankfurt, PPLN memverifikasi dan menghimpun data terkini pemilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *